Menentukan Ide Pokok Paragraf

Pembahasan pada kesempatan ini kita akan membahas tentang ide pokok paragraf. Ide pokok paragraf jika kita ibaratkan adalah rohnya paragraf, otaknya paragraf. Letak ide pokok paragraf berada di kalimat utama paragraf. Baca materi tentang kalimat utama paragraf disini. Dengan demikian ide pokok merupakan subjek dan predikat dari kalimat utama.

menentukan ide pokok paragraf
ilustrasi kalimat utama, ide pokok paragraf

Penjelasan gambar : 
sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat. Salah satu kalimatnya merupakan kalimat utama (warna kuning) dan kalimat kalimat lainnya (warna hijau ) adalah kalimat penjelas. Di dalam kalimat utama terdapat ide pokok ( warna merah). 

Perhatikan contoh-contoh menentukan ide pokok  pada paragraf- paragraf berikut ini !

Paragraf 1
        Saat ini keadaan hutan mangrove di sepanjang pesisir pantai Indonesia sangat memperihatinkan. Sebagian besar rusak dan diantaranya habis akibat aktivitas penebangan dan lain-lain. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kelestarian lingkungan hidup kita.

kalimat utamanya : 
Saat ini keadaan hutan mangrove di sepanjang pesisir pantai Indonesia sangat memperihatinkan.
Setelah kita dapat menentukan kalimat utama, maka dengan mudah kita dapat menemukan ide pokok paragraf. Karena letak ide pokok paragaf berada di kalimat utama.

Ide Pokok Paragraf : 
 Ide pokok pada kalimat utama tersebut adalah : Hutan mangrve di pesisir pantai Indonesia memprihatinan.

Paragraf 2

               Banyak warga yang membuang sampang di sungai Citarum sehingga sampah tersumbat di sungai. Akibatnya saat musim hujan terjadilah banjir. Sebenarnya banjir yang terjadi tersebut akibat ulah tangan manusia yang membuang sampah disungai. Untuk menghilangkan kebiasaan membuang sampah disungai ada bebarapa hal yaitu, sampah kering sebaiknya di bakar, sedangkan sampah yang basah di timbun. Akan lebih baik jika sampah-sampah tersebut di buat kerajinan tangan yang unik.

Kalimat utama
Banyak warga yang membuang sampang di sungai Citarum sehingga sampah tersumbat di sungai.
Ide pokok :
Banyak warga membuang sampah di sungai Citarum

Paragraf 3

              Terumbu karang itu sebenarnya gugusan karang yang terdiri atas sekumpulan binatang kecil yang disebut polyp. Mereka hidup berkelompok.  Pertumbuhan terumbu karang ini sangat lambat. Hidupnya pun tidak dapat di sembarang temat. Biasanya, terumbu karang hanya terdapat di perairan dangkal dengan suhu antara 21-26 derajat celsius. 
Kalimat utama :
Terumbu karang itu sebenarnya gugusan karang yang terdiri atas sekumpulan binatang kecil yang disebut polyp.
Ide pokok
Terumbu karang adalah gugusan karang yang terdiri atas sekumpulan binatang kecil

Paragraf 4

               Vegetarian adalah orang yang menganut pola makan pantang terhadap daging, ikan, dan telur. Selain, itu mereka juga berpantang makan makanan dari bahan unsur hewan, termasuk susu dan mentega. Dengan kata lain, seorang vegetarian hanya mengkonsumsi makanan dari bahan-bahan nabati atau tumbuhan. 
Kalimat utama :
Vegetarian adalah orang yang menganut pola makan pantang terhadap daging, ikan, dan telur
Ide pokok         :
Vegetarian adalah pola makan pantang terhadap daging.

Sangat mudah bukan menentukan ide pokok paragraf? Ingat tidak ada yang sulit selagi kita belajar. Untuk menambah kemampuan, mari kita sering membaca teks, dan jangan lupa catat kalimat utama dan juga ide pokok paragraf.

Subscribe to receive free email updates: