Lafal, Terjemahan dan Isi Kandungan Surat Al-Kafiruun

Surat Al-Kafiruun

Lafal Surat Al-Kafirun

      
isi kandungan surat al-kafiruun
                               

Arti Ayat Surat Al-Kafiruun


1) Katakanlah: "Hai orang-orang kafir,
2) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.
3) Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang Aku sembah.
4) Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
5) Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah.
6) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku."

Isi Kandungan Surat Al-Kafiruun

Nama surat Al-Kaafirun diambil dari lafal al-Kaafiruun yang terdapat pada ayat pertama. Al-Kaafirun artinya orang-orang kafir.

Kita mengetahui bahwa orang-orang kafir Quraisy senantiasa berusaha menghalangi dakwah Nabi Muhammad SAW. Mereka mengancam Beliau, namun beliau tidak pernah takut. Orang-orang kafir Quraisy juga melakukan berbagai rujukan dan rayuan kepada Nabi Muhammad saw. Namun, usaha-usaha mereka menjadi sia-sia. Nabi Muhamaad menolak bujukan dan terus menyampaikan Islam, bahkan, pengikut beiau terus bertambah.

Melihat kenyataan itu, orang-orang kafirQuraisy mendatangi Nabi Muhammad saw. Dan mengajukan tawaran lain. Mereka bersedia menyembah Tuhan yang disembah Nabi Muhammad selama satu tahun. Syaratnya, tahunberiukutnya beliau bersedia menyembah tuhan yang mereka sembah.
Menjawab tawaran itu, Allah swt. Menururnkan surat Al-Kaafirun yang mengatakan, “Katakanlah, `Wahai orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah`.”

Surat Al-Kaafirun mengajar kita ntuk senantiasa tegas terhadap orang-orang kafir, khususnya dalam hal ibadah. Islam tidak melarang umatnya utuk bermuamalah (bergaul) dengan orang yang bergama laian selama tidak menyangkut masalah akidah. Kita harus tegas menolak ajakan teman yang tidak Islam untuk ikut merayakan hari besar agamanya.


                         

Subscribe to receive free email updates: