Kisi Kisi Ujian SD/MI tahun 2017

Kisi-kisi Ujian SD/MI Tahun Pelajaran 20162017-Link Download Kisi-Kisi Ujian SD/MI tahun pelajaran 2016/2017

Berikut kisi kisi ujian sekolah/madrasah tahun pelajaran 2016/2017 untuk tingkat SD/MI sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan . Tidak seperti tahun tahun sebelumnya kisi kisi ujian untuk tingkat SD/MI ini mengalami penundaan. Hal ini terkait rencana moratorium UN yang dikemukakan mendikbud, ditolak. Dan resmi tahun ini masih diadakan Ujian Sekolah/Madrasah untuk tingkat SD/MI, yang memuat tiga pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

kisi-kisi ujian sekolah sd -mi tahun pelajaran 2016

Berikut kisi kisinya:

Kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI mata pelajaran Bahasa Indonesia

A. Membaca non sastra

B. Membaca sastra
  • Menentukan pesan pantun
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan kata tanya : bagaimana/mengapa
  • Menentukan watak tokoh cerita
  • Menentukan amanat cerita
  • Menentukan latar cerita
  • Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
  • Menentukan tema cerita
  • Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
  • Menentukan keteladanan tokoh cerita
  • Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi cerita
  • Menentukan nilai moral positif dalam cerita
  • Menentukan kesimpulan cerita
  • Menentukan maksud syair
  • Menentukan makna kata kias pada syair

C. Menulis terbatas
  • Melengkapi teks percakapan
  • Menyusun kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu
  • Melengkapi teks petunjuk melakukan sesuatu
  • Menyusun kalimat-kalimat cara membuat sesuatu
  • Melengkapi paragraf dengan kalimat
  • Melengkapi paragraf dengan istilah
  • Melengkapi pantun
  • Melengkapi paragraf dengan kata baku tentang hemat energi
  • Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf padu
  • Melengkapi iklan dengan kata/kalimat tentang hemat energi
  • Menyusun kalimat iklan yang efektif sesuai dengan gambar
  • Melengkapi paragraf laporan dengan kalimat
  • Mendeskripsikan gambar mahluk hidup/lingkungan
  • Menyusun kalimat-kalimat hasil pengamatan menjadi paragraf laporan
  • Melengkapi teks pidato persuasif dengan kalimat
  • Menggunakan ungkapan dalam kalimat
  • Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf narasi
  • Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf deskripsi

D. Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca
  • Menunjukan kesalahan penggunaan kata pada paragraf 
  • Menggunakan ejaan sesuai kaidah
  • Menggunakan tanda baca sesuai kaidah
  • Memperbaiki kesalahan ejaan pada kalimat/paragraf
  • Memperbaiki kesalahan tanda baca pada kalimat
  • Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
  • Memperbaiki penggunaan kata bentukan/berimbuhan pada kalimat
  • Memperbaiki tata kalimat pada paragraf

Kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI mata pelajaran Matematika

A. Operasi hitung bilangan
  • Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka)
  • Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya
  • Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
  • Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
  • Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi bilangan bulat. 

B. FPB dan KPK
  • Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi
  • Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka
  • Menentukan masalah yang berkaitan dengan FPB atau KPK

C. Pangkat dan Akar Bilangan
  • Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
  • Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
  • Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
  • Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar

D. Pecahan
  • Menyederhanakan pecahan
  • Mengurutkan berbagai bentuk pecahan
  • Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
  • Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
  • Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
  • Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berbagai bentuk pecahan
  • Menyelesaikan masalah tentang perbandingan senilai dengan tema tertentu
  • Menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan tema tertentu

E. Satuan Ukuran
  • Menyelesaiakan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda
  • Menyelesaikan soal yang berkatitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit

F. Sifat dan Unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
  • Menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya
  • Menentukan kesebangunan pada bangun datar
  • Menentukan keliling segiempat
  • Menentukan keliling lingkaran
  • Menentukan luas segitiga atau segiempat
  • Menentukan luas lingkaran
  • Menentukan luas bagian lingkaran (setengah, seperempat, atau tiga perempat)
  • Menentukan luas atau keliling gabungan dua bangun datar
  • Menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan bangun datar
  • Menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya
  • Menentukan luas permukaan kubus atau balok
  • Menentukan volume tabung
  • Menentukan jaring-jaring dari salah satu bangun ruang
  • Menentukan volume prisma segitiga
  • Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang
  • Menentukan letak titik koordinat
  • Menentukan salah satu koordinat bangun datar yang belum diketahui
  • Menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu bangun datar
  • Menentukan hasil pencerminan bangun datar

G. Mengumpulkan dan mengolah data
  • Menyajikan data dalam bentuk tabel
  • Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random

H. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
  • Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel
  • Menentukan diagram lingkaran dari data yang disajikan dalam bentuk tabel 
  • Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
  • Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
  • Menentukan rata-rata hitung dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
  • Menentukan modus dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
  • Menentukan median( data tengah) dari data yang diberikan 
  • Menyelesaikan masalah bertema kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan modus
  • Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema kesehatan. 

Kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

A. Ciri Makhluk hidup dan penggolongan hewan
  • Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu
  • Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut
  • Menentukan dasar pengelompokan hewan
  • Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan yang disajikan dalam gambar
  • Menunjukan pasasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makannanya yang disajikan dalam tabel

B. Hubungan antarmkhluk hidup dalam ekosistem
  • Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu
  • Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap
  • Menentukan peran organisme tertentu dalam rantai makanan yang disajikan dalam gambar
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu kompnen dalam rantai makanan punah atau berkembang pesat. 
  • Memberikan contoh hubungan yang erat antar makhluk hidup (simbiosis)
  • Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antar makhluk hidup pada suatu eksistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan

C. Perkembangbiakan dan Penyesuaian diri mahkluk hidup
  • Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan
  • Memberikan dua contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara tertentu
  • Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya
  • Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungan berdasarkan ilustrasi
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu
  • Menunjukan pasangan yang tepat antar nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.

D. Pelestarian Lingkungan
  • Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah
  • Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah
  • Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. 
  • Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan

E. Bagian Tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
  • Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan
  • Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia


G. Rangka Manusia
  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar
  • Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar
  • Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar

H. Sistem organ pada Manusia
  • Mengidentifikasi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya.
  • Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu

I. Sifat Benda
  • Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.

J. Perubahan Benda
  • Menetukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)

K. Gaya dan Gerak
  • Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar
  • Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukan gaya dapat mengubah gerak, arah, atau bentuk benda.

L. Bentuk Energi dan Perubahannya
  • Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar
  • Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan
  • Menunjukan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari
  • Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi.

M. Suhu dan Kalor
  • Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan
  • Menunjukan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
  • Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. 

N. Bunyi dan Cahaya
  • Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan)
  • Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar
  • Menjelaskan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar

O. Listrik dan Magnet
  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. 
  • Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar

P. Sumber Daya Alam
  • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar
  • Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui
  • Menjelaskan dampak pegambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.

Q. Daur Air
  • Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar
  • Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air

R. Sistem Tata Surya
  • Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap matahari.
  • Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan
  • Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
  • Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya. 
  • Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah
Itulah kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah tingkat SD/MI, Untuk kisi-kisi dalam format pdf, dapat diunduh di

Subscribe to receive free email updates: