Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, paragraf dapat dibedakan menadi lima jenis, yaitu paragraf persuasi, argumentasi, eksposisi, narasi, dan deskripsi.

jenis paragraf berdasarkan isinya

Paragraf peruasi
Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan membujuk atau meyakinkan pembaca untuk menerima gagasan atau ide yang disampaikan penulis.
Untuk mengetahui lebih dalam tentang paragraf persuasi, kita dapat mengenalinya dari Ciri-cirinya. Ciri-ciri paragraf persuasi adalah sebagai berikut :
  • -          Menggunakan bahasa yang menarik
  • -          Mengandung kata-kata ajakan, seperti ayo, mari, laksanakan
  • -          Menggandung kata-kata dengan partikel lah, seperti belajarlah, berjuanglah, bersihkanlah.


Contoh paragraf Persuasi
#             Ujian tinggal menghitung hari. Saat-saat itulah siswa harus bersiap-siap meninggalkan Madrasahnya, yang sudah menjadi tempat belajar selama enam tahun. Masih ingatkah kamu pertama kali memasuki madrasah ini enam tahun lalu? Ya,kini kamu tinggal menghitung hari berada di madrashah. Namun sebelum kamu meninggalkan madrasah ini, kamu harus mengikuti ujian. Ujian akhir, ujian sekali saja semenjak kamu berda di madrasah ini. Jadi  jangan siasiakan waktu kalian. Belajarlah sungguh-sungguh. Agar kamu dapat meninggalkan yang terbaik yang kamu bisa.

Setelah kita baca paragraf tersebut. Ada beberapa catatan antara lain: bahasanya menarik, bahasanya meyakinkan pembaca (siswa madrasah) untuk belajar. Ada kata-kata berisi ajakan, seperti kata yang bergaris bawah yaitu kata Belajarlah. Itulah yang dimaksud dengan paragraf persuasi.
Kita dapat dengan mudah membuat paragraf persuasi. Coba kamu tuliskan paragraf tentang :
-          Himbauan agar tidak membuang sampah di sungai
-          Ajakan untuk belajar lebih giat

Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi tentang ide atau gagasan yang diikuti dengan alasan yang kuat untuk meyakinkan pembaca agar menerima gagasan penulis melalui alasan-alasan yang menyertainya. Argumentasi berasal dari kata argumen yang artinya pendapat.
Untuk mengetahui sebuah paragraf itu argumentasi atau bukan berikut ciri-ciri paragraf argumentasi
  •  Ada bukti-bukti, bisa berupa data-data, tabel, diagram, atau gambar. 
  • ada pernyataan pendapat
  •  Ada kesimpulan

Contoh paragraf Argumentasi

#             Madrasaha Ibtidaiyah merupakan sekolah yang sederajat dengan Sekolah Dasar. Jika SD  di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka Madrasah Ibtidaiyah adalah sekolah setingkat SD yang berada di Bawah Kementerian Agama. Dulu Madrasah Ibtidaiyah kalah bersaing dengan Sekolah Dasar Negeri, tetapi sekarang MI sudah banyak kemajuan. Ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang meningkat, dan dari segi kualitas pembelajaran pun MI tidak bisa dikatakan lagi sebagai sekolah pinggiran. Banyak siswa-siswa MI yang mampu mencapai prestasi akademik yang membanggakan. Dan satu hal lagi jika sekolah di MI siswa dapat menerima pelajaran agama yang lebih spesifik lagi, sehingga pengetahuan Agama siswa Madrasah Ibtidaiyah akan jauh lebih baik dari siswa SD.

Paragraf diatas merupakan paragraf Argumentasi, paragraf yang berisi pendapat penulis terhadap lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Di dalam paragraf tersebut terdapat bukti-bukti yang dikemukanan untuk memperkuat pendapat bahwa MI sekarang sudah banyak kemajuan.

Paragraf Eksposisi
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menguraikan sebuah gagasan yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu, dan paragraf yang memaparkan sesuatu fakta atau kenyataan kejadian tertentu.
Ciri-ciri paragraf eksposisi

  • -          Berisi petunjuk atau kiat-kiat sesuatu
  • -          Isinya adalah fakta atau kenyataan, atau sesuatu yang dapat dibuktikan kebenarannya.
  • -          Isinya menambah wawasan pembaca
  • -          Berisi uraian tentang sesuatu kejadian
  • -         Tidak mempengaruhi pembaca

Contoh paragraf Eksposisi :

#             Agar sukses dalam ujian, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh siswa. Pertama siswa harus mendalami kisi-kisi ujian. Karena dalam kisi-kisi ujian tersebut, memuat materi yang akan ditanyakan dalam ujian. Yang kedua adalah dengan memperbanyak mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya. Dengan mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya, siswa terbiasa dengan bentuk, kerumitan soal yang diujiakan.

Coba kita teliti paragraf tersebut. Paragraf tersebut berisi petunjuk, atau kita-kiat sukses ujian. Apa yang disampaikan dalam tulisan tersebut merupakan fakta, bukan karangan fiktif. Isinya juga menambah wawasan pembaca, walaupun pembaca bisa jadi bukan seorang siswa yang akan mengikuti ujian. Jadi jelaslah jika paragraf tersebut merupakan paragraf eksposisi.

Paragraf Narasi
Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan peristiwa atau keadaan dalam bentuk data atau cerita. Ciri-ciri paragraf narasi, yaitu :
  • -          Terdapat tokoh/pelaku
  • -          Ada latar, atau suasana
  • -          Ada alur atau jalan cerita
  • -         Dalam isinya berdasarkan urutan waktu.

Contoh Paragraf Narasi

#             Pada game pertama, Kido yang bermain dengan lutut kiri diperban mendapat perlawanan ketat Chai Liu hingga skor imbang 16-16. Pada posisi ini, Kido yang lebih berpengalaman dalam berbagai kejuaraan memperlihatkan keunggulan mereka.

Paragraf tersebut berisi cerita sebuah peristiwa. Terdapat tokoh dan juga  alur peristiwa. Dari ciri-ciri tersebut paragraf tersebut dapat kita sebut sebagai paragraf Naratif.

Paragraf deskripsi
Adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek secara detail sehingga pembaca seakan-akan ikut melihat, mendengar, dan merasakan apa yang ada di dalam paragraf.

Ciri-ciri paragraf deskripsi
  • -          Menggambarkan objek atau benda
  • -        Banyak menggunakan kata sifat seperti bersih, kotor, besar, rendah, tinggi, kecil dan luas.


Contoh paragraf Deskripsi :
#             Aku tinggal di sebuah rumah kecil. Meskipun kecil, rumahku sangat nyaman untuk dihuni. Rumah itu tepat di pinggir sungai yang airnya mengalir jernih. Udara sejuk dan segar membuatku semakin betah berada di rumah. Dinding rumahku terbuat dari kayu.

Setelah kita baca paragraf tersebut panca indra kita akan menuju sebuah objek yaitu rumah yang ada di pinggir sungai. Kita dapat merasakan gambaran kesejukan rumah kecil tersebut, walaupun kita tidak pernah melihatnya. Kita dapat merasakannya karena tulisan atau paragraf tersebut mampu menjelaskan, mampu menggambarkan sebuah objek dengan kata-kata. Itulah yang dimaksud dengan paragraf Deskripsi. 

Selain itu paragraf tersebut juga banyak terdapat kata-kata sifat. Seperti kata kecil, nyaman, jernih, sejuk dan segar. Kata-kata sifat tersebut berfungsi memperjelas gambaran keadaan rumah dan lingkungannya.


Dari uraian diatas, dapat kita simpulkan paragraf berdasarkan isinya dapat dibedakan menjadi lima jenis paragraf , yaitu paragraf persuasi, argumentasi, eksposisi, narasi, dan deskripsi. 

Subscribe to receive free email updates: