Cara Menentukan Simpulan Paragraf

Cara Menentukan simpulan paragraf

Simpulan atau sering juga disebut ikhtisar adalah pendapat terkhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan dapat diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf.
Cara Menentukan Simpulan Paragraf

Ada beberapa cara menentukan simpulan paragraf , yaitu :
Kesimpulan diambil dari hubungan sebab akibat pada sebuah paragraf
Kesimpulan diambil dari hubungan permasalahan dan solusi pada sebuah paragraf
Kesimpulan diambil dari hubungan ide pokok paragraf dan keterangan akhir.

Kesimpulan diambil dari hubungan sebab akibat pada sebuah paragraf

Contoh : Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat !
           
              Kalimantan Utara, beberapa hari ini mengalami kabut asap yang cukup tebal. Kabut asap tebal masih menyelimuti Kota Tarakan dan beberapa daerah sekitarnya. Pekatnya kabut asap membuat jarak pandang terganggu. Hal tersebut berpengaruh terhadap aktifitas penerbangan.

Untuk menarik kesimpulan dengan hubungan sebab akibat kita dapat mencari frase sebab dan frase akibat.
Sebabnya : Kalimantan Utara mengalami kabut asap
Akhibatnya : Mempengaruhi aktifitas penerbangan

Setelah kita dapat menentukan hubungan sebab akibat dari paragraf tersebut kita dapat menggabungkan keduanya dalam sebuah kalimat, yang berisi simpulan paragraf. Jadi kesimpulan paragraf tersebut adalah :

Kalimantan Utara mengalami kabut asap dan mempengaruhi aktifitas penerbangan. 

Kesimpulan diambil dari hubungan permasalahan dan solusi pada sebuah paragraf

Contoh : Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat !

              Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan glbal dapat terjadi karena penggunaan energi listrik atau bahan bakar kendaraaan secara besar-besaran. Aktvitas manusia tersebut dapat menimbulkan emisi gas yang dapat merusak lapisan ozon. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi. Dengan demikian dampak pemanasan global dapat berkurang.

Coba baca dengan cermat paragraf tersebut. Paragraf ini menyajikan permasalahan dan juga solusi pemecahan masalah dari permasalah tersebut.

Permaslahan : Perubahan iklim terjadi akibat pemanansan global.  (ini adalah ide pokok paragraf tersebut)
Sebab : penggunaan energi listrik atau bahan bakar kendaraan secara besar-besaran.
Solusi : Gaya hidup lebih hemat energi

Dengan demikian kesimpulan paragraf tersebut adalah :
Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global, seperti penggunaan energi listrik, dan bahan bakar kendaraan. Pemanasan global dapat di tekan dengan cara prilaku hemat energi.

Kesimpulan diambil dari Situasi/Fakta/kedaan dan fungsinya 

Menarik kesimpulan sebuah paragraf juga dapat dilakukan dengan menghubungkan fakta, situasi atau keadaan beserta fungsinya
Contoh : Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat !

              Pohon bakau biasanya hidup di wilayah pantai. Kumpulan pohon bakau tersebut membentuk hutan bakau. Hutan bakau berfungsi sebagai penahan abrasi. Abrasi merupakan pengikisan daratan oleh air laut. Jika abrasi sering terjadi, maka wilayah laut akan semakin luas dan daratan semakin sempit. Saat ini, hutan bakau di wilayah pantai semakin berkurang.

Dengan cara mencatat keadaan atau fakta dan fungsi serta menambahkan keterangan kita juga bisa menarik kesimpulan dengan cara tersebut.
Keadaan/fakta :  Pohon bakau hidup di pantai,
Fungsi :  sebagai penahan abrasi.
Keterangan : Hutan bakau di wilyah pantai semakin berkurang

Maka kesimpulannya dapat kita buat dengan cara merangkai keadaan/fakta, fungsi dan keterangan dalam sebuah kalimat.  Akhirnya kesimpulan paragraf tersebut dapat kita susun sebagai berikut :
Pohon bakau hidup di pantai yang berfungsi sebagai penahan abrasi, saat ini keadaannya semakin berkurang. 

Kesimpulan paragraf juga dapat kita ambil dari kalimat utama beserta ide pokok dengan keterangan akhir pada sebuah paragraf. Ingat untuk menarik simpulan paragraf tidak ada rumus pasti. Cara yang sudah dijelaskan diatas hanya sebagai penyederhanaan agar kita mudah menarik simpulan paragraf. Agar kemampuan kita dalam menarik simpulan paragraf baik, kita harus sering-sering membaca dan berlatih menemukan simpulan paragraf.

Berikut beberapa paragraf yang dapat digunakan sebagai bahan belajar menentukan simpulan paragraf. Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat !

Paragraf #1
Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indnesia. Perubahan iklim tersebut menyebabkan kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu. Peristiwa alam tersebut berdampak pada keadaan alam daerah tertentu. Misalnya, di daerah dataran tinggi, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah terkikis dan rapuh. Keadaan alam tersebut berpotensi menyebabkan bencana tanah longsor
Kesimpulan paragraf :
Perubahan iklim terjadi di berbagai negara, yang menyebabkan musim yang tidak menentu yang berpotensi menyebabkan kebanjiran dan tanah longsor

Paragraf #2
Persediaan air bersih di beberapa daerah di Indonesia cukup memprihatinkan, terutama saat musim kemarau tiba. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya krisis air bersih. Salah satunya ketersediaan lahan terbuka hijau yang terbatas.
Coba baca dengan teliti, teks pada paragraf 4 diatas. Paragraf tersebut berisi sebab akibat.
Akibat : Persediaan air bersih di Indonesia langka ( ide pokok pada kalimat utama)
Sebab : Ketersediaan lahan terbuka hijau terbatas ( kalimat terakhir)
Maka Kesimpulan Paragrafnya :
Persediaan air bersih di Indonesia cukup langka hal ini karena lahan terbuka hijau yang terbatas.
Untuk paragraf paragraf di bawah ini tentukan simpulan paragraf dengan cara yang sudah kita pelajari dalam uraian di atas !

Paragraf #3
               Humus adalah bunga tanah. Bunga tanah berbentuk tanah yang sangat gembur. Humus dapat dijadikan bahan makanan untuk tanaman. Humus berasal dari tumbuhan dan hewan yang sudah membusuk.
Kesimpulan : ....

Paragraf #4
               Pohon kelapa sawit memiliki bunga jantan dan betina yang terpisah, tetapi tetap dalam satu pohon. Bunga jantan memiliki bentuk lancip dan panjang, sedangkan bunga betina lebih besar dan mekar. Pohon kelapa sawit jarang melakukan penyerbukan sendiri. Hal itu karena bunga jantan dan bunga betina tidak tumbuh bersamaan. Buah hasil penyerbukan bunga kelapa sawit tumbuh bergerombol dalam tandan pada setiap pelepah. Buah tersebut mengandung minyak yang akan terus bertambah seiring dengan kamatangan buah. Buah kepala sawit akan rontok dengan sendirinya setelah buah mencapai tingkat kematangan yang tepat.
Kesimpulan : ....

Demikian pembahasan  tentang menentukan Simpulan Paragraf. Semoga bermanfaat, dan jika ada pembahasan materi dari kami tentang cara menarik simpulan pada pargraf dapat menyampaikan di kolom komentar di bawah ini !

Baca :
Kisi Kisi Ujian SD/MI Tahun 2017

Subscribe to receive free email updates: