Tugas dan Wewenang Presiden

Menurut Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Presiden adalah pemegang kekuasaan tertinggi pemerintahan negara. Presiden dipilih dalam satu pasangan dengan Wakil Presiden seecara langsung oleh rakyat dalam emilihan umum. Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan. Dalam melaksanakan tugasnya, Presiden di bantu oleh Wakil Presiden beserta para menteri yang tergabung dalam suatu bentuk kabinet pemerintahan.

Presiden Republik Indonesia mempunyai tiga kedudukan, yatu sebagai kepala negara, kepla pemerintahan dan panglima tertinggi angkatan perang. Ketiga kedudukan tersebut memberikan tugas dan wewenang yang berbeda kepad Presiden.

Tugas presiden sebagai kepala negara mengandung arti bahwa presiden merupakan pemimpin tertinggi dari suatu negara. Seperti hanlnya seorang ayah dalam keluarga. Ayah merupakan pemimpin tertinggi di keluarga, oleh karena itu ayah sering disebut dengan kepala keluarga. Sebagai seorang kepala negara, mernurut Undang-Undang dasar Negara republik Indonesia tahun 1945, Presiden mempunyai wewenang sebagai berikut :
a. membuat perjajian dengan negara lain dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.
b. mengangkat duta dan konsul. Duta adalah perwakilan negara Indonesia di negara sahabat. Duta bertugas di kedutaan besar yang ditempatkan di ibu kota negara sahabt itu. Sedangkan konsul adalah lembaga yang mewakili negara Indonesia di kota tertentu  dibawah kedutaan besar kita.
c. menerima duta dari negara lain
d. meberi gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan lainnya kepada warga negara Indonesia atau warga negara asing yang telah berjasa mengharumkan nama baik Indonesia.

Sebagai seorang Kepala Pemerintahan, presiden mempunyai kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan pemerintahan negara Indonesia. Wewenang, hak dan kewajiban Presiden sebagai kepala pemerintahan , diantaranya :
a. memegang kekuasaan pemerintah menurut Undang-Undang Dasar
b. berhak mengajukan rancangan Undang-undang Dasar dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepad Nusa dan bangsa.
c. memberi grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbanagn Mahkamah agung. Grasi adalah pengampuann yang diberikan kepala negara kepada orang yang dijatuhi hukuman. Sedangkan ehabilitasi adalah pemulihan nama baik atau kehrmatan seseorang yang telah dituduh secara tidak sah atau dilanggar kehormatannya.
d. memberi amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan DPR. Amnesti adalah pengampunan atau pengurangan hukuman yang diberikan oleh negara kepada tahanan-tahanan, terutama tahanan politik, Sedangkan abolisi adalah pembatalan tuntutan pidanan
g. membentuk suatu dean pertimbanagan yan bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden.
h. mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri
i. membahas dan meberi persetujuan atas RUU bersama DPR serta mengesahkan RUU
j. hak mentapka peraturan permerintah sebagai pengganti undang-undang dalam  kepetningan yang memaksa.
k. mengajukan RUU Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ntuk dibahs bersama DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD
l meresmikan keanggotaan BPK yag dipilih DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD
m. menetapkan hakim agung dari calon yang diusulkan Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR.
n. Pengangkatan dan pemberhentian anggota Komisi yudisial dengan persetujuan DPR
o. Mengajukan tiga orang calon hakim konstitusi dan menetapkan sembilan orang hakim konstitusi.

Selain sebagai kepala negara dan kepla pemerintahan, seroang presideen juga merupakan panglima tertinggi angkatan perang. Dalam kedudukannya seperti ini, presiden mempunyai wewenang sebagai berikut :
a. menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian deengan negara lain dengan persetujuan DPR
b. membuat perjanjian internasional lainnya dengan persetujuan DPR
c. menyatakan keadaan bahaya.

Subscribe to receive free email updates: