Membahas Indikator US MI 2016 Bahasa Indonesia

1. Membaca Non Sastra
Apa itu bacaaan non sastra? Non sastra adalah karangan yang ditulis berdasarkan kenyataan, fakta, berdasarkan bukti, bukan khayalan. Coba baca paragraf berikut :
         
            Gas hidrogen sulfida adalah gas sangat berbahaya. Gas hidrogen sulfida mengandung racun. Racun tersebut membuat ikan-ikan mati dan terdampar di pantai. Gas hidrogen sulfida tidak berwarna. Keberadaan gas hidrogen sulfida dapat dirasakan dari baunya yang menyengat, seperti bau telur busuk. 

Apakah paragraf tersebut adalah paragraf non sastra? Ya betul paragraf tersebut adalah paragraf non sastra karena isinya menceritakan kejadian sebenarnya.

a. Ada berapa kalimat dalam paragraf tersebut? Coba hitung, 1..2..3..4..ya...ada 4 kalimat. Dari keempat kalimat tersebut pasti ada yang paling utama, yang disebut kalimat utama. Sedangkan kalimat  yang lain berfungsi sebagai kalimat penjelas. Coba cari apakah kalimat ke 1, 2, 3 atau 4. Sudah menemukan kalimat utama. Dari paragraf tersebut kalimat utamanya adalah pada kalimat pertama yaitu Gas hidrogen sulfida adalah gas sangat berbahaya. Kalimat yang lain berfungsi sebagai kalimat penjelas. Di dalam kalimat utama tersebut terdapat ide pokok, ide pokoknya adalah gas hidrogen sulfida sangat berbahaya. Jadi ide pokok letaknya di kalimat utama. Apakah kalimat utama berada pada kalimat pertama paragraf? Tidak! Kalimat utama bisa terletak di kalimat pertama, di akhir bahkan bisa ditengah paragraf. Jika letak kalimat utama berada di kalimat pertama, maka disebut paragraf deduktif, jika di akhir paragraf maka disebut paragraf induktif. Coba paragraf diatas apakah paragraf induktif atau deduktif? Mengapa Jelaskan alasannya.

b. Paragraf diatas dapat kita simpulkan dengan cara, membuang kalimat, atau kata kata yang tidak penting.
Gas hidrogen sulfida adalah gas sangat berbahaya. Gas hidrogen sulfida mengandung racun. Racun tersebut membuat ikan-ikan mati dan terdampar di pantai. Gas hidrogen sulfida tidak berwarna. Keberadaan gas hidrogen sulfida dapat dirasakan dari baunya yang menyengat, seperti bau telur busuk. 
Kita rangkai kata atau kalimat yang tidak dicoret. ..kesimpulannya seperti ini :
Gas hidrogen adalah gas berbahaya karena mengandung racun yang membuat ikan-ikan mati. Gas ini tidak berwarna namun dapat dirasakan dari baunya yang menyengat. 

c. Salah satu cara untuk memahami sebuah bacaan, ukurannya adalah kita menyusun kalimat tanya yang berkaitan dengan paragraf tersebut, dengan kata tanya, apa, apakah, bagaimana, dimana, kapan.
Apakah gas sulfida mengandung racun?
Apakah warna gas hidrogen sulfida berwarna? 
Bagaimana cara mengetahui keberadaan gas hidrogen sulfida? 
Apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut terkait dengan bacaan? Yupss..terkait karena jawabanya dapat kita ambil dari paragraf tersebut.
Coba pertanyaan ini
Dimana kita bisa membeli gas hidrogen sulfida?
Ini lah pertanyaan yang tidak sesuai dengan isi paragraf. Mengapa karena didalam isi paragraf tidak membicarakan tentang tempat membeli gas hidrogen. Jadi kita tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Artinya pertanyaan tersebut tidak sesuai dengan paragraf !

d. Perhatiakan pernyataan atau kalimat berikut :
Gas hidorgen sangat berbahaya.
Gas hidrogen mengandung racun.
Gas hidrogen tidak berwarna. 
Gas hidrogen dapat di ketahui dari baunya.
Apakah pernyataan atau kalimat tersebut sesuai dengan paragraf diatas? Susuai atau tidak ! ....Sesuai mengapa alasannya?
Coba bandingkan pernyataan atau kalimat berikut ini !
Gas hidrogen tidak berbahaya
Warna gas hidrogen adalah kuning
Apakah pernyataan atau kalimat tersebut sesuai dengan paragraf diatas? Sesuai atau tidak sesuai !...tidak sesuai, mengapa jelaskan alasannya!

e. Untuk memahai sebuah bacaan dapat juga digunakan sebuah kalimat dengan kata tanya mengapa atau bagaimana, dan kita bisa menjawab. Tentu menjawab sesuai dengan isi bacaan.
Mengapa gas hidrogen sulfida sangat berbahaya?
Bagaimana cara mengetahui adanya gas hidrogen sulfida? 
Apakah kalian bisa menjawab. Cari jawaban di paragraf tersebut? Bagaimana caranya? Baca dengan cermat dan teliti ! Tidak perlu mencari jawaban di kolong tempat tidurmu!

f. Jika seseorang menghirup gas hidrogen sulfida dalam waktu yang lama, menurut kamu apa yang akan terjadi?
Jawabnya adalah akan keracunan, kemudian bisa mengakibatkan kematian. Kamu dapat memprediksi kejadian yang akan terjadi jika kamu mengetahui hubungan sebab akibat yang mungkin terjadi.
Misal :
Latif berangkat ke sekolah, suasana waktu itu mendung. Namun ia tidak membawa payung. Kira kira apa yang akan terjadi?....
Ujian tinggal menghitung hari. Si Ucup masih suka Pe Es-san? Kira kira apa yang akan terjadi?....
Siswa kelas VI MI  serius belajar mempersiapakan Ujian Sekolah. Kira kira apa yang akan terjadi?
Pasti kalian dapat memprediksi kejadian tersebut, bukan? Bagaimana jika ilustrasi tersebut berupa bacaan yang berkaitan dengan lingkungan, seperti contoh:
Warga kampung Tolomerto, memiliki kebiasaan buruk, yaitu membuang sampah ke selokan yang mengalir di kampung tersebut. Sampah yang mereka buang berupa sampah organik maupun non organik. Walaupun sudah diperingatkan oleh pemerintah setempat, warga kampun Tolomerto masih belum sadar. 
Dari ilustrasi tersebut, apakah kamu bisa memprediksi kejadian yang akan terjadi? Tuliskan prediksimu sebanyak-banyaknya.

g. Apakah kamu tahu tabel? Tabel adalah kumpulan data yang disusun berdasarkan baris atau kolom.
Jumlah siswa kelas VI MI Talagening adalah 25 anak. Dari jumlah tersebut, yang gemar pelajaran bahasa arab sebanyak 8 anak, gemar pelajaran bahasa Indonesia 15 anak dan sisanya gemar pelajaran Bahasa Jawa. 
Coba isikan data tersebut ke dalam tabel yang kalian buat sendiri? 

h. Saat kalian membaca paragraf non sastra kadang kita jumpai kata atau istilah yang baru kita baca, kita dengar. Untuk memaknai atau mengartikan kata atau istilah hal yang pertama adalah dengan melihat Kamus Bahasa Indonesia. Namun karena dengan cara tersebut tidak dimungkinkan dalam ujian, yaitu melihat kamus, tidak ada cara lain kalian sering sering membaca, dan jika ada kata atau istilah baru, kalian catat dan coba kalian buat kalimat.
              Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Hal tersebut karena wilayah Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Banyak sumber daya yang dihasilkan dari laut. Namun hasil laut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. 

Dari paragraf tersebut. Apa arti dari kata maritim?
Sesuai dengan Kamus, kata maritim adalah hal yang berhubungan dengan pelayaran dan kelautan.

i. Menentuan sinonim dan antonim kata dalam sebuah kalimat.
Sinonim adalah persamaan makna kata, sedangkan antonim adalah perbedaan makna kata. Sebagai contoh, sinonim gembira adalah senang. Antonim gembira adalah sedih.

j. Kamu pasti sering bercakap cakap dengan temanmu. Apa yang kamu percakapkan. Tentang apa? Itulah yang disebut dengan topik.

k. Persaingan untuk menjual produk pada saat sekarang ini sangat berat. Mereka, produsen barang, harus bisa menawarkan dan mempromosikan barang hasil produksinya kepada masyarakat. Salah satu bentuk menawarkan adalah dengan cara mengiklankan atau mempromosikan. Untuk itu dalam membuat iklan juga perlu dibuat yang sangat menarik baik berupa gambar atau kata-kata yang menarik. Penggunaan kata yang menarik pada sebuah iklan dapat membuat masyarakat tertarik untuk membelinya. Kata-kata yang menarik, tentu harus sesuai dengan barang yang diiklankan, ditulis singkat namun padat, dan mudah diingat oleh pemirsa atau yang melihat iklan tersebut.

l. Nuriah baru baru ini ditugaskan oleh gurunya untuk mengamati suasana belajar mengajar di kelas VI MI GUPPI Talagening. Selanjutnya ia menuliskan apa yang ia jumpai di dalam kelas. Ia menulis laporan seperti berikut ini :

           Kelas VI MI GUPPI Talagening berjumlah 25 anak. Dari jumlah tersebut, 15 anak berjenis kelamin perempuan. Pada saat pengamatan, saya mengamati proses belajar anak kelas VI saat pelajaran Bahasa Indonesai. Anak-anak masuk sebelum pelajaran dimulai. Mereka menyiapkan buku pelajaran dan alat tulis. Sambil menunggu bapak guru hadir di ruang kelas, semua siswa membaca materi yang nanti akan disampaikan. Beberapa saat kemudian guru mereka yang bernama Bapak Arif Hidayat datang ke ruang kelas. Pak Arif kemudian menyampaikan materi dan menjelaskan. Anak anak tampak serius mendengarkan penjelasan dari guru mereka, dan sekali-kali mereka menulis hal hal penting yang disampaikan gurunya. Tampak dari wajah anak-anak rasa semangat dalam belajar, untuk memperoleh pengetahuan sebagai bekal hidupnya. 
     Informasi apa yang ada dalam paragraf tersebut? Temukan dan Catat !
Jumlah siswa kelas enam ada 25, 15 perempuan dan 10 laki-laki
Guru kelas VI adalah Bapak Arif Hidayat. 
Semua siswa kelas VI tekun belajar Bahasa Indonesia, mereka sangat semangat, mereka memperhatikan penjelasan dari gurunya. 
Informasi yang ada dalam laporan tersebut merupakan dasar menentukan isi laporan. Dari beberapa informasi yang ada dalam laporan pilih yang paling penting atau utama. Sehingga isi laporannya dapat disusun seperti ini : Siswa kelas VI tekun mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia.

m. Kamu saat ini pasti sering mendengar gurumu menyampaikan perintah, ajakan agar kalian belajar lebih giat karena kamu akan menghadapi ujian sekolah. Jika ditulis kira kiras seperti ini :
             Agar nilai siswa kelas VI tinggi tidak ada kata lain kecuali dengan belajar. Belajar adalah kuncinya. Bermain boleh saja, namun jangan membuat waktu belajar terbengkalai. Belajar juga harus tahu caranya. Jangan sampai kita katakan sudah belajar namun saat materi ditanyakan kita tidak tahu. Dalam setiap ujian sudah ada kisi-kisinya. Di dalam kisi-kisi terdapat materi-materi yang nantinya akan ditanyakan dalam ujian sekolah. Setiap hari kita belajar semua materi pada semua pelajaran, agar kita cepat bisa. 

Dari paragraf tersebut berisi ajakan, perintah, himbauan. Paragraf yang berisi perintah, ajakan, himbauan disebut paragraf intruksi.
Coba baca dengan cermat! Setelah itu beri tanggapan tentang isi paragraf intruksi tersebut. Tanggapan terhadap paragraf tersebut apakah setuju atau tidak setuju. Jika setuju, mengapa sebabnya? Jika tidak setuju alasannya apa?....
Dari paragraf diatas ada kata terbengkelai apa makna kata terbengkalai? Misal pilihannya adalah ;
a. Terlantar
b. Tidak terurus
c. membiarkan
d. Terhenti
Caranya kamu kutip kalimat yang ada kata terbengkalai : Bermain boleh saja, namun jangan membuat waktu belajar terbengkalai. Masukan kata kata pada pilihan untuk mengganti kata terbengkalai pada kalimat tersebut ?
Bermain boleh saja, namun jangan membuat waktu belajar terlantar.
Bermain boleh saja, namun jangan membuat waktu belajar tidak terurus.
Bermain boleh saja, namun jangan membuat waktu belajar membiarkan.
Bermain boleh saja, namun jangan membuat waktu belajar terhenti.
Setelah disusun seperti itu, kalian baca dengan cermat. Mana yang coooocoook...yang sesuai maknanya. Cara ini dilakukan jika pilihannya mirip atau setipe.

n. Menentukan pernyataan yang sesuai dengan paragraf intruksi.
                 Agar nilai siswa kelas VI tinggi tidak ada kata lain kecuali dengan belajar. Belajar adalah kuncinya. Bermain boleh saja, namun jangan membuat waktu belajar terbengkalai. Belajar juga harus tahu caranya. Jangan sampai kita katakan sudah belajar namun saat materi ditanyakan kita tidak tahu. Dalam setiap ujian sudah ada kisi-kisinya. Di dalam kisi-kisi terdapat materi-materi yang nantinya akan ditanyakan dalam ujian sekolah. Setiap hari kita belajar semua materi pada semua pelajaran, agar kita cepat bisa. 

Agar nilai ujian meningkat tidak ada kata lain selain belajar dan bermain. Apakah pernyatan tersebut sesuai dengan paragraf diatas? Jika sesuai tolong sampaikan buktinya! Jika tidak sesuai sampaikan alasannya!.
Untuk menentukan pernyataan sesuai atau tidak sesuai, coba satu persatu pilihan a, b, c, d dikaitkan dengan paragraf tersebut.

o. Setiap hari senin  semua siswa MI GUPPI Talagening mengikuti upacara bendera. Dalam setiap upacara Bapak Kepala madrasah menyampaikan amanat atau pidato. Isinya seperti ini
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Mari kita panjatkan puji sukur kehadirat Allah yang telah memberikan keimanan pada kita semua. Solawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjugan kita Nabi Muhammad, S.AW
Kurang 60 hari lagi ujian sekolah akan dilaksanakan. Tentu yang mengikuti ujian adalah siswa kelas enam. Siap atau tidak siap kalian siswa kelas enam harus mengikuti karena ujian sekolah adalah syarat kalian lulus dari madarasah ini. Namun bukan hanya mengikuti ujian saja, syarat kalian lulus, namun juga nilai ujian kalian harus melampaui niai standar kelulusan yaitu tujuh koma nol-nol. Jadi jika ada anak yang nilainya di bawah 7.00 walaupun ia mengikuti ujian dipastikan ia tidak lulus....
......
Sekian dan terimakasih atas perhatiannya
Wassalamu’alaikum wr. Wb. 
Pidato dari Kepala Madrasah tersebut menginformasikan tentang apa?....coba tulis
Setelah ditulis carai informasi yang paling penting. Sudah menemukan informasi yang paling penting. Informasi yang penting itulah yang disebut dengan Isi Pidato

p. Jenis-jenis paragraf
Paragraf persuasi. Paragraf yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi, menghimbu, membujuk, merayu pembaca, sehingga pembaca terpengaruh.
Paragraf eksposisi. Paragraf yang isinya berupa informasi, petunjuk, cara melakukan sesuatu.
Paragraf deskripsi. Paragraf yang isinya menggambarkan, menceritakan objek dengan tujuan agar pembaca merasa melihat, merasakan apa yang diceritakan.
Paragraf narasi. Paragraf yang isinya menceritakan suatu peristiwa, kejadian yang didalamnya termuat tokoh, kejadian, dan latar
Paragraf argumentasi. Paragraf yang isinya berupa argumen atau pendapat, penulis terhadap suatu masalah.

Coba tentukan jenis paragraf di bawah ini !
Pada tanggal 26 Desember 2002 di samudra Pasifik, terjadi stunami. Daerah yang paling parah akibat stunami adalah provinsi Nanggro Aceh Darusalam.  Stunami ini menelan korban kurang lebih dua ratus ribu orang warga Aceh. 
-------------- 
Untuk mendapatkan tanaman yang sesuai dengan induknya, salah satu caranya adalah dengan mencangkok. Namun kita juga harus mengetahui cara mencangkok yang benar. Sebelum mencangkok persiapkan bahan bahan untuk mencangkok, yaitu: serabut kulit kelapa, pisau yang tajam, tali atau benang, tanah dengan kompisisi 50 persen pupuk kandang. Setelah bahan-bahan tersebut di siapkan. Langkah selanjutnya adalah mengklupas kulit tanaman yang akan di cangkon. Lebar kupasan kurang lebih 10 cm. Setelah kulit diklupas, kemudian bersihkan sisa-sisa getah yang masih menempel di batang dengan cara dikerok pelan-pelan. .....dst
------------- 

q. Menentukan persamaan dan perbedaan teks. Caranya lihat topiknya. Jika topiknya dan atau temanya sama maka kedua teks tersebut sama.
Apa itu topik dan tema cerita?

2. Membaca Sastra
Jika pada materi no 1 diatas tentang membaca non sastra pada materi kedua ini berupa materi Membaca Sastra. Apa itu sastra? Gampangnya sastra adalah tulisan yang tidak nyata, sesuatu yang bukan kenyataan. Walaupun tulisan tersebut ditulis bukan berdasarkan fakta, namun tulisan sastra memiliki pesan atau amanat yang sangat bermanfaat untuk kita.

a. Tulisan atau karangan sastra dapat berupa pantun
Pantun merupakan tulisan yang terdiri dari empat baris. Baris pertama dan kedua disebut sampiran, sedangakan baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun. Saat kita diminta menentukan pesan pantun, tentu kalian harus melihat baris ketiga dan keempat karena didalamnya merupakan isi pantun dan dalam isi pantun terdapat pesan.

b. Selain pantun karya sastra juga dapat berupa cerita rakyat, seperti cerita dibawah ini !
                  Suatu hari di sebuah hutan, seekor rusa mengunjungi seekor domba. Rusa meminta Domba meminjamkan  segenggam terigu. Domba kurang yakin terhadap kejujuran Rusa dan takut Rusa akan sulit mengembalikannya saat ditagih. Domba bertanya, apakah Rusa mengenal hewan lain yang dapat menjamin kejujuran Rusa. “ Ya, ya,” kata Rusa dengan yakin. “ Sang Serigala dapat menjamin kejujuranku”. 
“ Srigala!” kata sang Domba yang terkejut. “ Apakah kamu berfikir  aku akan percaya dengan jaminan seperti itu? Aku mengenal serigala! Dia mengambil semua yang ia mau, kemudian lari tanpa membayar. Kamu juga mungkin seperti dia, kamu dapat berlari dengan kencang sehingga aku tidak memiliki kesempapatan untuk menagih hutangmu !”


c. Di dalam cerita mengandung unsur-unsur cerita, yaitu : tokoh, watak, latar, dan amanat. Tokoh cerita adalah pelaku, atau subjek yang menjadi lakon cerita. Tokoh bisa manusia, dan juga hewan. Jika tokohnya adalah hewan, cerita tersebut disebut fabel. Setiap tokoh cerita digambarkan ada yang baik , pandai, cerdas, sopan, jujur, setia kawan atau watak jahat, sombong, durhaka, egois, keras kepala dan lainnya. Penggambaran kelakuan tokoh atau pelaku cerita tersebut disebut dengan Watak Tokoh.
Menurut kamu bagaimana watak Rusa dan Domba!

d. Jika sudah menemukan watak dari kedua tokoh tersebut coba sekarang kalian mencari amanat cerita tersebut! Bagaimana cara menemukan amanat coba perhatikan tokoh tokoh tersebut! Mereka sedang mempermasalahkan apa !

e. Selain tokoh, dan watak, cerita juga terdapat tempat kejadian cerita, apakah di hutan, di desa, di sungai , di kelas, di kebun . Tempat kejadian cerita disebut dengan latar cerita. Selain tempat kejadian cerita, latar cerita juga dapat berupa , waktu, dan suasana.
Coba baca cerita Domba dan Rusa diatas ! Dimana tempat terjadinya cerita tersebut?

f. Selain yang disebut diatas, unsur cerita yang berikutnya adalah tema cerita. Tema adalah dasar cerita, dasar percakapan, pokok pikiran yang dijadikan sebagai dasar menyusun cerita tersebut. Cara menentukan tema, dapat dijawab dengan pertanyaan seperti ini : Cerita tersebut bercerita Tentang permasalahan apa???????

g. Menentukan keteladanan tokoh cerita. Jika kalian paham amanat cerita, pasti kalian akan mengetahui keteladanan tokoh crita.

h. Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi cerita. Menurut kalian kira kira apa yang akan terjadi berkaitan dengan cerita Domba dan Rusa diatas?

i. Menentukan nilai moral positif dalam cerita. Nilai moral positif artinya nilai yang baik yang dilakukan oleh tokoh cerita yang berwatak baik.

j. Menentukan kesimpulan cerita. Untuk menentukan kesimpulan cerita dapat kita ambil dari amanat cerita. Amanat cerit tersebut adalah kita harus pandai dalam menilai seseorang agar kita tidak tertipu.

k. Menentukan makana kata kias pada syair. Makna kias adalah makna yang tidak sebenarnya. Syair adalah jenis tulisan yang padat, dan dalam menuliskan syair sering digunakan kata-kata kias. Sepeti contoh :
.....
Perjuanganmu akan terbayar lunas dipuncak kesuksesan
....
Coba baca penggalan syair tersebut.. di dalam kalimatnya ada kata kata terbayar , kata lunas, kata puncak. Jika kita artikan per kata terbayar berkaitan dengan uang saat kita membeli barang, begitu pula kata-kata lunas, yang jika diartikan menurutkatanya adalah sudah tidak ada tanggungan lagi, dan kata puncak jika kita maknai artinya tempat yang tinggi.
Namun maksud kata kata tersebut dalam syair tidak seperti itu!!
Perjuanganmu akan terbayar lunas di puncak kesuksesan. Jika diartikan perjuanganmu akan mencapai keberhasilan. Jadi terbayar lunas adalah makana kias, yang dapat kita artikan mencapai
Untuk lebih memahami syair dan maknanya tentu tidak ada kata lain, kalian harus sering membaca syair dan mencoba mengartikan, per kata maupun perkalimat.

l. Menurutmu maksud sair tersebut apa? Maksud syair dapat kalian ketahui dengan cara mengubah syair tersebut ke dalam bentuk arti yang sebenarnya.
Perjuanganmu akan terbayar lunas dipuncak kesuksesan kita ubah menjadi kalimat sebenarnya menjadi perjuanganmu akan mencapai keberhasilan.

3. Menulis Terbatas

a. Kalian pasti sering bercakap-cakap dengan temanmu.
Yuka : “ Tif, ayo, capat kita berangkat ke tempatnya Eko!”
Latif : “...................”
Yuka : “ Lho, apa kamu tadi tidak mendengar ada tugas dari pak Arif?”
Untuk mengisi percakapan rumpang tersebut, kalian dapat lakukan dengan cara mencoba, piliha a, b, c, dan d. Yang tepat, nyambung, yang sesuai. Itulah yang dipilih. Perlu kecermatan dalam membaca.

b. Menyusun kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu. Bagaimana menyalakan TV, bagaimana menyalakan Komputer, Bagamiana menyalakan Leptop, Bagaimana menghidupkan Radio, Bagaimana menggunakan Mesin cuci, Bagaimana menggunakan blender, Bagaimana menggunakan strika. Coba perhatikan, itu semua adalah produk-produk yang sekarang banyak kita jumpai. Sebuah produk atau alat dapat kita gunakan jika kita dapat mengetahui cara menghidupkan.
Coba perhatikan petunjuk acak berikut
1. Masukan VCD, pastikan pada posisi yang benar.
2. Tekan tombol play
3. Colokan steker pada lubang stop kontak
4. Tekan tombol power
5. Tekan tombol open/close untuk memasukan VCD
Petunjuk acak tentang penggunaan VCD tersebut coba kalian susun. Caranya, kamu lihat pilihan jawaban a, b, c, d. Pilihan A susunannya bagaimana, kemudian bandingkan dengan B, C dan D. Mana yang urut mana yang janggal.

c. Melengkapi teks petunjuk melakukan sesuatu
Jika 3b adalah petunjuk penggunaan produk, maka 3c ini adalah petunjuk membuat/melakukan sesuatu. Misal kita berencana akan membuat puding. Membuat puding tentu kita harus tahu caranya?
1. Masaklah air hingga mendidih
2. Tuangkan bubuk agar-agar
3. .......................
4. Aduk hingga agar-agar dan gula tercampur rata
5. Tunggu hingga agak dingin 
6. Tuangkan ke dalam cetakan
Namun dalam urutan tersebut ada bagian yang rumpang, yang kosong. Tugas kalian adalah melengkapi petunjuk cara membuat puding dengan kalimat yang tepat. Cara mengerjakan soal ini, kalian , pasangkan pilihan a, b, c dan d ke dalam titik-titik tersebut. Yang sesuai mana yang tidak sesuai mana.

d. Menyusun kalimat-kalimat cara membuat sesuatu
1. Buatlah jaring-jaring persegi panjang
2. Lipatlah setiap sisi sehingga membentuk balok
3. Guntinglah setiap garis sesuai jaring jaring 
4. Ukurlah panjang dan lebar persegi panjang 
Kalimat-kalimat diatas merupakan cara membuat balok, namun urutannya belum benar. Untuk mengurutkan kalimat membuat balok tersebut, langkah pertama adalah cari urutan yang paling pertama, dan selanjutnya urutan yang kedua dan seterusnya. Coba urutkan langkah membuat balok diatas yang benar bagaimana?

e. Melengkapi paragraf dengan kalimat
Untuk melengkapi paragraf dengan kalimat, salah satu caranya adalah kalian masukan pilihan a, b, c dan d ke dalam titik-titik pada paragraf. Kemudian baca berulang ulang. Mana kalimat yang sesuai dengan kalimat sebelumnya dan sesudahnya.

f. Melengkapi paragraf dengan istilah
Jika pada indikator 3e diatas kalian diminta melengkapi paragraf rumpang dengan kalimat, maka pada indikator ini kalian diminta untuk melengkapi paragraf dengan kata atau istilah. Caranya sama seperti langkah 3e diatas, yaitu kalian masukan kata/istilah pada pilihan a, b, c, dan d ke dalam titik-titik pada paragraf. Mana yang tidak sesuai dan yang sesuai.

g. Melengkapi pantun
Untuk melengkapi pantun, kalian lihat bunyi akhir tiap baris, Bunyi akhir baris pertama, harus sama dengan baris ketiga, baris kedua harus sama dengan baris keempat. Setelah itu cari yang sesuai dengan sampiran atau isinya, artinya cari yang nyambung.

h. Melengkapi paragraf dengan kata baku tentang hemat energi
Pada indikator ini sebenarnya sama dengan indikator 3f diatas, yaitu melengkapi paragraf dengan kata, namun disini adalah kata baku yang terkait dengan energi. Kata baku adalah kata yang ejaannya sesuai dengan EYD.
Berikut adalah kata baku dan tidak baku dengan penulisan yang benar untuk sebelah kiri garis miring.
Energi/enerji, sakelar/saklar, sekring/sekering, kran/keran, selang/slang, sentimeter/centimeter, risiko/resiko, hanya/cuma, geladi/glady, transportasi/teransportasi, apotek/apotik. aerobik/erobik, aktif/aktip, amfibi/amphibi, analisis/analisa, andal/handal, asas/azaz, atmosfer/atmosfir, bus/bis, cabai/cabe, daftar/daptar, dekret/dekrit, detail/detil, efektif/efektiv, fotokopi/photocopi, hektare/hektar, hipotesis/hipotesa, isap/hisap, karier/karir, kategori/katagori, komplet/komplit, kongres/konggres, kualitas/kwalitas, kuitansi/kwitansi, kuota/kwota, lembap/lembab, makhluk/mahluk, napas/nafas, objek/obyek, proyek/projek, putra/putera, risiko/resiko, sekadara/sekedar, sintesis/sintesa, sistem/sistim, survei/survai, taoge/tauge, teknik/tehnik, teknologi/tehknologi, telantar/terlantar, telepon/telefon, telur/telor, wujud/ujud, komoditas/komoditi ( barang dagangan utama), ekstra/extra
Selain kalian dapat mengetahui penulisan kata baku yang benar, kalian juga harus mengetahui artinya...

i. Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf padu
Untuk menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf padu, caranya cari kalimat utama, selanjutnya, kalian coba, bandingkan pilihan a, b, c atau d. Mana yang co—cook, yang sesuai, yang urut alias padu.

j. Melengkapi iklan dengan kata/kalimat tentang hemat energi
Untuk melengkapi iklan dengan kata atau kalimat, kalian sesuaikan dengan gambar yang ada di iklan, kemudian sesuaikan juga kata-kata yang cocok.

k. Mendeskripsikan gambar makhluk hidup/lingkungan
Mendeskripsikan artinya mengungkapkan apa yang ada dalam gambar ke dalam kalimat atau paragraf. Caranya bandingkan pilihan a, b, c, dan d. Mana yang sesuai dengan apa yang ada dalam gambar tentang mahkluk hidup.

l. Melengkapi teks pidato persuasif dengan kalimat
Melengkapi pidato persuasif artinya kalian melengkapi titik-titik pada pidato persuasif, yaitu pidato yang berisi ajakan. Cari kalimat a, b, c, dan d yang berisi kalimat ajakan yang sesuai dengan kalimat-kalimat yang ada pada teks pidato. Cocokan dan pilih yang tepat.

m. Menggunakan ungkapan dalam kalimat
Ungkapan adalah rangkaian kata yang bermakna konotasi. Makna yang tidak sebenarnya.
Banting tulang: artinya bukan tulangnya dibanting, tapi kerja keras. 
Kepala batu/ tidak penurut, Gulung tikar/bangkrut, angkat kaki/pergi, naik pitam/marah, meja hijau/pengadilan, bunga tidur/mimpi, tinggi hati/sombong, banyak makan garam/berpengalaman, masih merah/masih kecil, kuda hitam/pemenang yang tidak diunggulkan, naik daun/sedang terkenal, perang dingin/perang tanpa senjata, berhati tungau/penakut, berat hati/kurang suka melakukan, mendua hati/bimbang, tebal muka/tidak punya malu, dan masih banyak lagi ungkapan lainnya. Silahkan kalian cari dan pelajari.

4. Menyunting kata/frase, kalimat, paragraf, ejaan dan tanda baca

Kalimat efektif
Tidak efektif
a.   Hadirin dimohon berdiri
b.   Agar lulus dengan nilai baik kita harus belajar
c.   Badut akan ke puncak gunung
a.     Para bapak/ibu semuanya dimohon berdiri
b.     Agar supaya kita lulus dengan nilai baik kita harus belajar
c.     Badut akan naik ke atas puncak gunung.
Penulisan yang salah
Penulisan yang benar
pertangung jawaban
berterima kasihkan
Pertanggungjawaban
berterimakasihkan
Penulisan tanda baca yang salah
Penulisan tanda baca yang benar
talagening : 8 maret 2016.
Aku kerumah bayu nanti sore.
Daging itu di makan kucing
Saya pergi kekota ambon
Ibu membeli pisang Ambon
No : 02-9/6-/2016
Talagening, 8 Maret 2016
Aku ke rumah Bayu nanti sore.
Daging itu dimakan kucing
Saya pergi ke kota Ambon
Ibu membeli pisang ambon
No : 02/9/6/2016

Subscribe to receive free email updates: