Pengertian Sumber Daya Alam dan Contohnya

Sumber daya alam 

Sumber daya alam yaitu semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun makhluk hidup yang dipergunakan untuk kebutuhkan hidup manusia. Sumber daya alam digolongkan menjadi dua yaitu

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau jika digunakan tidak akan habis. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dapat berupa sumber daya alam biotik dan abiotik. 
  • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui berupa biotik (mahkluk hidup ) contohnya, minyak jarak, biogas, biodisel, bioetanol.
  • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui berupa abiotik contohnya Tanah, udara,matahari, air, iklim

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui  adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, atau dapat diperbaharui namun membutuhkan waktu yang sangat lama. 
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui hanya berupa sumber daya alam biotik yang meliputi bahan bahan galian, mineral, dan barang tambang lainnya.contoh minyak bumi, gas alam, batu bara,  kaolin , gamping (kapur), pasir kuarsa, pasir silika pasir besi, marmer, batu akik, bauksit, timah, nikel, tembaga, emas dan perak, belerang, mangan,fosfat, besi, mika,tras,intan, asbes,grafit, wolfram, platina (emas putih), dan lain lain. 

Subscribe to receive free email updates: