Telinga dan Bagian Bagiannya

Telinga adalah salah satu dari panca indra manusia. Telinga merupakan indra pendengaran, disamping itu didalam telinga juga terdapat alat keseimbangan.
Bagian telinga dapat di golongkan menjadi tiga bagian yaitu, telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.
Berikut penjelasan dari bagian bagian telinga tersebut
Bagian bagian telinga

a. Telinga bagian luar
telinga bagian luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga dan saluran telinga luar. Telinga luar meliputi daun telinga atau disebut juga dengan pinna, liang telinga atau meatus auditorius eksternus, dan gendang telinga atau membran timpani.
Bagian daun telinga berfungsi untuk membantu mengarahkan suara ke dalam liang telinga dan disalurkan kelubang telinga menuju telinga bagian tengah. Daun telinga yang memiliki lekukan yang kompleks berfungsi seperti radar yaitu menangkap suara.

Setelah suara tertangkap oleh daun telinga, maka suara akan diteruskan ke liang telinga. Bagian liang telinga ini berupa susunan tulang rawan  yang dilapisi kulit tipis.
Di dalam saluran terdapat kelenjar yang menghasilkan zat seperti lilin yang disebut dengan serumen atau kotoran telinga. Saluran telinga kadang juga ditumbuhi rambut. Diujung saluran telinga terdapat membran atau gendang telinga atau disebut dengan membran timfani. Membran ini berfungsi untuk meneruskan suara kedalam telinga bagian dalam.

b. Telinga bagian tengah
Telinga tengah adalah telinga bagian setelah gendang telinga. Pada bagian ini terdapat tiga tulang yaitu tulang martil, landasan, dan tulang sangkurdi. Tulang tulang ini disebut sebagai tulang terkecil yang ada pada tumbuh manusia. Ketiga tulang ini meneruskan getaran suara ke koklea atau rumah siput. Selain terdapat tiga tulang,bagian tulang tengah juga terdapat saluran eustacius.  Saluran ini menghubungkan dengan bagian kerongkongan. Hawa dari luar dapat masuk dari kerongkongan, oleh sebab itu tekanan udara telinga kanan dan kiri sama. Jika saluran eustacius terdapat lendir, maka akan menyebabkan gangguan pendengaran seperti orang yang terken penyakit selesma. 
Jika ada bunyi yang terlalu keras, sebaiknya mulut dibuka lebar lebar. 

c. Telinga bagian dalam
Dibelakang tulang pelipis didalam tulang karena ada alat pendengar, yaitu sebuah rongga berisi getah bening dan serabut serabut saraf. Bagian ini dinamakan labirin. Di bagian labirin terdapat tiga buah pembuluh gelung dan rumah siput. Rumah siput bertemu dengan rongga hawa yang dibatasi oleh tingkap bulat. 

Rumah siput berfungai untuk merangsang saraf pendengar yang nantinya akan disampaikan ke otak. Saraf pendengar bercabang cabang sangat halus. 

Secara sederhana proses alat pendengar dapat di jelaskan sebagai berikut:
Jika ada suara, makan akan ditangkap oleh daun telinga dan masuk lewat lubang telinga. Dan akan menggetarkan membran timfani. Dari gendang, getaran diteruskan ke tulang pendengaran, kemudian diteruskan ke rumah siput lalu di bawa ke otak lewat saraf saraf pendengar. 

Demikian materi pelajaran ipa tentang telinga dan bagian bagiannya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.


Subscribe to receive free email updates: