Contoh dan Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang mana pada hubungan tersebut  satu pihak mengalami keuntungan sedangankan pihak lain tidak dirugikan atau diuntungkan.
Tanaman sarang burung

Contoh contoh simbiosis Komensalisme antara lain
1. Ikan badut dengan anemon laut. Hubungan antara ikan badut dengan anemon laut dikategorikan sebagai simbiosis komensalisme karena Anemon mengeluarkan zat racun yang dapat melukai ikan-ikan. Namun ikan badut justru beruntung karena dengan adanya ikan anemon dari serangan musuh. 

2. Tumbuhan paku dan tanaman jati
Tumbuhan paku memperoleh keuntungan dengan hidup menempel pada tanaman jati. Tanaman jati tidak dirugikan maupun diuntungkan oleh tanaman paku.

3. Ikan remora dan ikan hiu
Ikan Remora menempel pada ikan hiu untuk memperoleh sisa makanan dari ikan hiu. Ikan hiu sendiri tidak rugi maupun untung dari hubungan dengan ikan remora

4.Bakteri Pembusuk di Usus Manusia
Bakteri pembusuk yang hidup di usus manusia ternyata menguntungkan karena bakteri tersebut dapat menyerap zat-zat makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. 

5. The Goby dan Bulu Babi
The Goby adalah ikan yang berukuran kecil yang bersembunyi dan berlindung diantara celah-celah bulu babi yang beracun. 
Bulu Babi sendiri tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan The Goby

6. Ikan Pari dan Ikan remora
Hampir sama seperti pada hubungan ikan remora dengan ikan Hiu, pada hubungan ikan pari dengan ikan remora terjadi ikan remora menempel dan mengambil sisa makan dari ikan pari. Ikan pari sendiri tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan ikan remora. 

7. Tumbuhan sirih dan tumbuhan inangnya
Tumbuhan sirih mendapat keuntungan dengan tumbuh merambat pad tumbuhan inangnya. 

8. Anggrek dengan tumbuhan inangnya
Anggrek apapun jenisnya suka menempel di tumbuhan yang tinggi, hal ini bertujuan untuk mendapat sinar matahari. Namun anggrek mencari makan sendiri, sehingga tidak merugikan tanaman inangnya.  Tanaman inang tidak rugi akan adanya anggrek, dan juga tidak diuntungkan. 

9. Udang dan mentimun laut
Udang memperoleh keuntungan dnegan menunggangi hewan laut yang cepat dan besar seperti mentimun laut untuk mengambil sisa-sisa makanan.

10. Tanaman sarang burung dan pohon inangnya. Tanaman sarang burung sering dijumpai di hutan. Tanaman ini suka hidup menempel di pohon yang tinggi untuk memperoleh sinar matahari, namun demikian tanaman mencari makan sendiri.
11. Tanaman paku tanduk rusa dengan pohon inangnya.
Paku tanduk rusa



Demikian pengertian dan  beberapa contoh simbiosis komensalisme, semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates: