Sebentar Lagi Guru Tidak Harus 24 Jam Mengajar

Sesuai dengan peraturan yang ada sampai saat ini , guru di berbgai tingkatan sekolah diharuskan memenuhi jam mengajar 24 jam perminggu. Namun aturan ini sepertinya akan berubah seiring ungkapan Mendikbud Anies Baswedan. 

Dalam sebuah kesempatan pada acara silaturahmi dengan guru kesenian di kampus Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, Jawa Barat, Menteri Anies Baswedan mengatakan bahwa pemerintah ingin membuat aturan yang membuat waktu guru melakukan kegiatan kreatif di hitung sebagai jam kerja. 
Upaya yang diungkapkan sang menteri pendidikan ini agar guru terdorong kreatifitasnya dalam mendidik siswa. 

Sekarang pertanyaanya apakah kegiatan kreatif guru yang dimaksud hanya berlaku untuk guru kesenian atau guru bidang studi lainnya? 

Jika kegiatan kreatif yang diakui sebagai jam mengajar ini berlaku hanya kepada guru seni, tentunya kurang afdol. Kreatifitas bukan monopoli guru seni begitu bukan? Guru bidang lain juga dapat melakukan kreatifitas misalnya, berkreasi membuat alat peraga, atau sejenisnya. 

Jika memang aturan ini diberlakukan bukan  cuma sebatas keinginan bapak menteri, sedikit banyak akan mendorong guru-guru melakukan aktifitas kreasi yang bermanfaat bagi peserta didik. 

Kita tunggu langkah Bapak Menteri mengaplikasikan gagasan tersebut dalam sebuah peraturan. 

sumber :antaranews.com

Subscribe to receive free email updates: