Rangkuman Materi Ujian Fiqih Tingkat Mi

RANGKUMAN MATERI UJIAN MADRASAH 

TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH


Mata Pelajaran : Fiqih
INDIKATOR SOAL DAN MATERI SOAL UJIAN
Peserta didik dapat menentukan macam-macam zakat.
Zakat dibagi menjadi dua, yaitu
Zakat fitrah: dikeluarkan pada setelah magrib malam 1 syawal dan sebelum sholat idul fitri, berupa beras 2,5 kg
Zakat Harta/zakat Mal, yaitu zakat yg dikeluarkan dalam jangka 1 tahun atau 1 haul, dan harta atau zakat mal  sudah senisab.  
Zakat harta berupa :
Zakat nukud (zakat emas/perhiasan) 1 nisab 94 gram zakatnya 2,5%
Zakat Tijaroh (zakat barag dagangan/perniagaan)
Zakat an’am (zakat binatang ternak)
Zakat Zira’ah (zakat hasil pertanian/perkebunan)
Zakat Rikaz ( zakat barang tambang)
Disajikan uraian profesi, peserta didik dapat menentukan jenis zakatnya
Peserta didik dapat menentukan pengertian salah satu mustahiq zakat.
Mustahiq adalah golongan penerima zakat. Mustahiq dibedakan menjadi 8 golongan yaitu:
Fakir, miskin, amil, mualaf, budak, garim, fisabililah, ibnu sabil
Peserta didik dapat menemukan uraian syarat zakat mal (nisab dan haul)





Peserta didik dapat menentukan tujuan dikeluarkannya zakat
Tujuan dikeluarkan zakat adalah untuk menyucikan harta yg dimiliki. Karena sebagian harta yg dimiliki adalah hak fakir miskin.
Disajika uraian, peserta didik dapat menemukan hal itu sebagai pengertian infaq
Infaq adalah
Disajikan suatu jenis pemberian, peserta didik dapat menentukan sebagai contoh infaq
Contoh infak ; suami memberi nafkah kepada istri dan anak-anaknya, memberisumbangan untuk pembangunan sarana umum, memberi santunan kepada anak yatim/yatim piatu
Peserta didik dapat menemukan dalil bahwa Allah akan membalas orang yang bersedekah
Peserta didik dapat menyebutkan tanggal dilaksanakannya salat 'id
Shalat id ada dua yaitu, Shalat Id pada hari raya Idul Fitri yg dilakukan pada tanggal 1 Syawal dan Shalat Id pada hari raya Idul Adha yg dilaksanakan pada tanggal 10 Djulhijah.
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu sunnah dalam pelaksanaan salat 'id




Disajikan bacaan salat 'Id, peserta didik dapat menjawab sebagai lafaz yang dibaca pada salat 'id






Peserta didik dapat menentukan kelompok makanan yang halal
Semua makanan yg ada di bumi adalah halal kecuali yg dilarang
Peserta didik dapat menyebutkan pengertian makanan haram aini
Haram aini adalah haram karena zatnya, contoh semua makanan yg berasal dari hewan babi, anjing, kucing, harimau
Peserta didik dapat menemukan alasan diharamkannya hewan tertentu
Karena menjijikan, karena mengandung penyakit, merusak jasmani dan rohani.
Peserta didik dapat menyebutkan manfaat mengkonsumsi minuman atau makanan yang halal
Dapat menjaga kesehatan badan. Suci jiwanya
Peserta didik dapat menyebutkan akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang haram
Timbulnya penyakit, merusak mental,  merusak aqidah
Peserta didik dapat memilih dalil perintah untuk berkurban
Berkurban hukumnya sunah muakad( sunah yg dianjurkan). Dalil perintah berkurban adalah surat Al-Kausar, ayat 2, yang artinya :
“ .... Maka laksanakan salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah..”
Peserta didik dapat menyebutkan syarat umur hewan untuk berquban
Unta min 5th, sapi/kerbau /kambing min 2 thn
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan hewan yang boleh untuk berkurban
Hewan yg boleh untuk berkurban antara lain : sapi, kerbau, kambing, domba, unta.
Syarat hewan untuk berkurban
Tidak cacat, tidak sakit, tidak kurus, tanduk tidak patah.
Peserta didik dapat menentukan waktu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban
Tgl 10, 11 12 13 Dhulhijah (tgl 11, 12, dan 13 Dhulhijah disebut hari tasrik)
Disajikan tabel, siswa dapat menentukan yang termasuk wajib haji
Islam, baligh, merdeka, kuasa/mampu, ada mukhrim, berakal sehat
Peserta didik dapat menentukan pengertian salah satu rukun haji
Ikhram : yaitu niat mengerjakan haji, dengan mengenakan pakean ikhrom, sebelum memakai pakean ikhrom dianjurkan memotong rambut, berwudu, memakai wangi2 an. Pakean ikhrom bagi laki2 dua helai kain putih tidak berjahit, bagi perempuan seperti mukena.
Wukuf : yaitu hadir di padang arofah setelah dhuhur (tgl 9 Dhulhijah )sampai pagi menjelang fajar (10 djulhijah)
Tawaf : berjalan mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali pada tgl 11, 12, dan 13 Dhulhijah.
Tawaf ada tiga yaitu:
Tawaf ifadoh; tawaf yg dilakukan setelah melempar jumrah.
Tawaf qudum : tawaf yg dilakukan setelah sampai di Mekah
Tawaf wada’ : tawaf yg dilakukan ketika akan meninggalkan kota Mekah
Sa’i : berlari-lari kecil dari bukit safa ke bukit marwa, dilakukan 7 kali.
Tahalul : mencukur dan menggunting rambut
Disajikan tabel, peserta didik dapat menemukan yang termasuk syarat wajib haji
Ihkrom dan mikot, mabit, melontar jumrah, bermalam di mina, tawaf wada.
Peserta didik dapat menentukan dalil perintah melaksanakan ibadah haji
QS Ali Imron 97 yg artinya  : dan diantara kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalan ke sana”
Peserta didik dapat menentukan pengertian mandi wajib
Mandi wajib atau mandi besar adalah meratakan air ke seluruh tubuh dari rambut sampai kaki. Mandi besar bertujuan untuk mensucikan diri dari hadas besar.
Peserta didik dapat menjelaskan hukum mandi setelah haid
Hukum mandi setelah haid adalah wajib
Peserta didik dapat menemukan yang termasuk rukun mandi wajib
Berniat, menyiram air keseluruh tubuh, mendahulukan anggota badan sebelah kanan
Peserta didik dapat menemukan salah satu larangan bagi wanita haid
Larangan wanita haid  Mengerjakan shalat, berpuasa, melakukan tawaf, menyentuh mushaf dan membaca Al-Quran, dilarang masuk masjid(beriktikaf)
Disajikan tabel, peserta didik dapat memilih yang termasuk sunnah dalam mandi wajib




Peserta didik dapat menentukan dalil tentang disyariatkannya khitan yang mengikuti ajaran Nabi Ibrahim
Q.S an-Nisa ayat 125, yg artinya : “ dan siapakah yg lebih baik agamanya daripada orang yang dengan ikhlas
Peserta didik dapat menyebutkan hukum khitan
Bagi laki-laki hukumnya wajib, bagi perempuan sunah.
Peserta didik dapat menentukan bahwa khitan adalah mengikuti syariat nabi Ibrahim as.
Khitan pertama kali dilakukan oleh Nabi Ibrahim as.
Peserta didik dapat menunjukkan ayat diperbolehkannya jual beli
Jual beli dihalalkan oleh Allah SWT, dasarnya adalah Surat al-Baqoroh ayat 275

“....padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba...”
Disajikan tabel, Siswa dapat menentukan rukun jual beli
Adanya penjual, pembeli, ada barang yang dijual, bahasa akad, kerelaan kedua pihak.
Peserta didik dapat menentukan salah satu syarat jual beli
Syarat jual beli
Baik penjual dan pembeli harus orang yang berakal. Jual beli didasarkan atas kemauan sendiri. Barang yg dijual belikan harus bermanfaat. Penjual dan pembeli harus balig/dewasa.
Barang.
Barang suci, bukan najis, barang yang dijual adalah milik penjual atau orang lain yang mewakilkannya. Barangnya nyata.
Peserta didik dapat menentukan jual beli yang hukumnya haram
Jual beli yang dilakukan karena di paksa, barang yang dijual beli merupakan barang haram/najis, mengandung unsur penipuan. Menjual anak hewan yg masih dlm kandungan. Menjual buah/hasil tanaman yang belum masak.
Peserta didik dapat menentukan salah satu syarat penjual, agar jual belinya tetap syah
Syarat penjual, baligh/dewasa. Tidak terpaksa.
Disajikan contoh tawar menawar barang, peserta didik dapat menyebutkan jenis kalimat itu (ijab/qabul)
Ijab = saya akan membeli pensil itu, dengan harga Rp. 5000,00
Qobul = ya saya jual pensil ini seharga Rp 5,000,00
Disajikan uraian, Peserta didik dapat menentukan salah satu jenis khiyar yang dimaksud
Khiyar ada tiga
Khiyar majlis = hak bagi penjual atau pembeli untuk membatalkan/ meneruskan akad jual beli selama mereka masih ditempat akad.
Khiyar syarat= hak bagi penjual atau pembeli untuk membatalkan/meneruskan akan jual beli dengan syarat yg ditentukan
Khiyar aibi = hak bagi penjual atau pembeli untuk membatalkan/meneruskan akan jual beli karena adanya cacat/kerusakan pada barang jual beli.
Peserta didik dapat menentukan manfaat khiyar
Terjaminnya rasa kepuasan pembeli karena tidak khawatir terhadap barang yang dibelinya.
Dengan adanya khiyar maka terjamin kemaslahatan diantara penjual dan pembeli serta barang yg dibeli.
Peserta didik dapat menemukan istilah bahasa arab dari jual beli
Peserta didik dapat menunjukkan istilah dalam bahasa arab untuk peminjam
Ornag yg meminjamkan disebut Mu’ir
Disajikan uraian, Peserta didik dapat menemukan hal itu sebagai pengertian dari pinjam meminjam
yang artinya meminjamkan suatu barang kepada orang lain untuk digunakan dan diambil manfaatnya.
Peserta didik dapat menentukan dalil dianjurkannya pinjam meminjam
Hukum pinjam meminjam adalah Surat al-Maidah ayat 2, yang artinya..
Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusahan.
Peserta didik dapat menentukan arti dari musta'ar
Musta’ar adalah orang yang meminjam
Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan kewajiban peminjam
Kewajiban peminjam antara lain, merawat, menjaga, jika terjadi kerusakan peminjam wajib memperbaikinya.
Peserta didik dapat menemukan istilah bahasa arab pinjam meminjam
Ariyah, yang artinya meminjamkan suatu barang kepada orang lain untuk digunakan dan diambil manfaatnya.
Peserta didik dapat menyebutkan hukum asal pinjam meminjam
Sunah
Disajikan contoh pinjam meminjam, Peserta didik dapat menentukan hukum pinjam meminjam tersebut
Asal hukum pinam-meminjam adalah sunah. Dan dapat berubah menjadi wajib, makruh dan haram, tergantung prosesnya.
Contoh : A sakit keras. Untuk mengobati ia perlu dana besar. Kemudian Ia pinjam kepada si B. Si B meminjamkan. Hukum pinjam-meminjam di atas termasuk wajib.


Subscribe to receive free email updates: