Simbiosis Mutualisme dan Contoh-Contohnya

Makhluk hidup dalam kehidupannya, tidak dapat hidup sendiri, ia membutuhkan makhluk hidup lain, bahkan tidak sedikit makhluk hidup sangat tergantung dengan makhluk hidup lainnya. Hubungan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain, biasa disebut dengan simbiosis. 

Hubungan antara dua mahkluk hidup yang saling menguntungkan disebut Simbiosis Mutualisme. Kedua makhluk hidup yang saling berhubungan tersebut sama-sama diuntungkan karena adanya hubungan tersebut. Jika inggin membaca Macam Simbiosis Dan Contoh-contohnya dapat di buka di tautan ini
Hubungan kerbau dengan jalak
Contoh simbiosis mutualisme

Contoh Hubungan yang saling menguntungkan yang disebut Simbiosos Mutualisme antara lain : 

a. Hubungan antara kerbau dengan burung Jalak
Bagiamana hubungan itu terjadi? Punggung kerbau dihinggapi burung jalak. Burung jalak mencari kutu yang terdapat pada tubuh kerbau, untuk apa? Untuk dimakan. Dengan makan menu lezat si kutu di tubuh kerbau, Si Jalak dapat makan enakkkk. Jadi burung jalak untung karena dapat makan kutu. Bagaimana dengan Si Kerbau ini, apakah si kerbau diuntungkan juga. Kerbau diuntungkan dengan hilangnya sikutu pada kerbau. 

b. Hubungan antara bunga dengan kupu-kupu
Kalau ini pasti anak-anak sering melihat dengan mata telanjang, maksudnya melihat langsung. Beda dengan burung jalak yang dihinggapi kerbau, mungkin itu hanya dapat dilihat ditempat-tempat tertentu saja atau di film-film. 
Kupu-kupu yang cantik suka hinggap di bunga yang indah. Kupu-kupu hinggap di bunga karena ia membutuhkan madu yang terdapat di bunga. Kupu-kupu diuntungkan karena menemuan bunga, begitupula bunga diuntungkan juga karena kedatangan si kupu-kupu. Dengan adanya kupu-kupu bunga dibantu penyerbukannya. 

c. Hubungan antara bunga dengan lebah
Selain kupu-kupu yang suka hinggap di bunga adalah lebah. Lebah seperti juga kupu-kupu juga menghisap madu yang ada pada bunga. Bunga juga diuntungkan karena adanya lebah, karena membantu penyerbukan. 

d. Hubungan antara semut dengan kutu buah.
Kedua hewan ini tergolong jenis hewan serangga. Kutu Daun menghisap getah pada batang tumbuhan. Si semut memanfaatkan kutu dengan menekan punggung kutu daun, untuk mendapat cairan manis. Agar kutu daun selalu menghasilkan cairan manis, semut memindahkan letak kutu daun ke batang pohon yang banyak menghasilkan cairan manis. Pintar juga ya si semut.Si kutu diuntungkan karena selalu mendapat getah batang tumbuhan. Kedua serangga ini dalam hubungannya saling menguntungkan bukan?

e. Hubungan antara Ikan badut dengan anemon laut
Agar terhindar dari pemangsa, ikan badut bersembunyi pada anemon laut. Ikan badut diuntungkan karena ada anemon laut. Selain untuk bersembunyi, ikan badut juga memakan parasit yang pada anemon laut. Dengan parasit yang ada pada tubuh anemon laut dimakan si ikan badut, Anemon laut diuntungkan, karena tubuhnya akan bebas dari parasit. 

f. Hubungan antara Protozoa berflagela dengan rayap. 
Protozoa Mixotricha paradoxa hidup di dalam usus rayap Mastotermes darwiniensis untuk membantu mencerna selulosa.

g. Hubungan antara Bakteri Rhizobium  dengan Akar tumbuhan kacang-kacangan. 
Bakteri Rhizobium sp. bermanfaat bagi tanaman kacang-kacangan, yaitu tanaman kacang-kacangan dapat tumbuh sumbur karena mendapatkan nitrogen yang dapat menyuburkan tanah. Antara bakteri Rhizobium sp. dengan tanaman kacang-kacangan terjadi simbiosis yang menguntungkan. Akar tanaman kacang-kacangan tersebut menyediakan karbohidrat dan senyawa lain bagi bakteri melalui kemampuan mengikat nitrogen. nitrogen di udara (N₂) akan diikat oleh bakteri Rhizobium melalui tahap fiksasi nitrogen.

h. Hubungan antara kuda zebra dengan burung oxpecker
Burung Oxpecker bekerja seperti layaknya burung kuntul, tetapi lebih spesialis ke Zebra. Mereka makan kutu dan parasit dari punggung Zebra, serta menjadi alarm akan adanya bahaya yang datang bagi si Zebra. 

i. Hubungan antara bakteri e-coly dengan manusia. 
Bakteri e-coly hidupnya di Usus besar manusia. Ia bertugas membusukan sisa-sisa hasil pencernaan makanan. Manuisa beruntung adanya bakteri e-coly yang terdapat pada usus besar, tanpa bakteri e-coly sisa-sisa hasil pencernaan tidak busuk. Jika tidak busuk, mungkin kotoran manusia akan dimakan kembali...hemmm. 

j. Hubungan antara kelelawar berbulu wol dengan kantong semar
Dalam hubungan antara kelelawar berbulu wol dengan kantong semar dapat di gambarkan, bahwa kelelawar berbulu wol mendapat tempat tinggal yang nyaman. Sedangkan kantong semar mendapat makanan nitrogen dari kotoran kelelawar berbulu wol. 

k. Burung Pelatuk dengan Semut
Pada dasarnya burung pelatuk dan semut adalah predator dan mangsanya. Namun ada satu spesies burung pelatuk yang bernama southern rufous woodbecker yang melakukan gencatan senjata ketika bertelur. Si burung akan bertelur di sarang semut pohon, di mana telur-telur tersebut akan dijaga oleh si semut. Sementara si burung pelatuk akan berjaga di luar agar sarang semut tersebut tidak diserang oleh burung lain.

l. Hubungan antara Buaya dengan Burung Plover
Buaya, si predator air ini adalah binatang karnivora. Gigi-gigi yang tajam adalah senjatanya. Banyak binatang lain berfikir dua kali jika melihat si buaya ini. Namun akan berdeda jika binatang itu adalah burug Plover. Burung plover bahkan keluar masuk ke mulut buaya yang terbuka lebar-lebar. Si buaya akan diam saja membiarkan si burung plover mencari makan di mulutnya sekaligus membersihkan sela-sela gigi si buaya dari sisa-sia makanan. Saling menguntungkan bukan?

Demikian pembahasan tentang simbiosis mutualisme serta contoh-contohnya.
Berikutnya dapat anda baca tentang tentang simbiosis komensalisme
di tautan  Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contoh-Contohnya
dan simbiosis parasitisme
di tautan Simbiosis Parasitisme dan Contoh-contohnya

Subscribe to receive free email updates: