Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Mata adalah oragan penting bagi manusia. Oragan ini dapat mendeteksi cahaya. Bagian mata dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu organ luar, dan organ dalam.

Organ luar berupa:
1. Bulu Mata yang berfungsi menyaring cahaya dari luar, menjaga dari benda-benda yang datang dari luar, menahan keringat agar tidak masuk ke mata.
2. Alis Mata yang berfungsi mecegah aliran keringat agar tidak masuk ke mata.
3. Kelopak Mata yang berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata. 

Bagian-bagian Mata
1. Kornea
Kornea merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya. Kornea berfungsi membantu memfokuskan bayangan benda dan memfokuskan cahaya yang masuk ke mata bagian retina. Kornea mempunyai selaput tipis yang disebut konjungtiva. 
2. Sklera
Merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih. Tebalnya rata-rata 1 mm.
2. Pupil
Pupil disebut juga selaput pelangi. Dari kornea cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap yang disebut delatasi dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang yang disebut kontraksi. Lebar pupil dipengaruhi atau dikendalikan oleh gerakan iris di sekelilingnya.
3. Iris 
Iris berfungsi sebagai diafragma. Iris inilah yang terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata, seperti hitam, cokelat, biru atau hijau. Fungsi iris sebagai pengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk diterima ke mata. 
4. Lensa mata
Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskan pada retina. Fungsi lensa mata adalah memfokuskan cahaya sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang  jauh lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat lensa akan menebal.
5. Retina 
Retina disebut juga selaput jala. Merupakan lapisan terdalam, terdapat pembuluh darah arteri dan juga pembuluh darah vena. Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Retina berfungsi sebagai pembentuk bayangan benda kemudian meneruskannya ke saraf mata lalu dikirim ke otak. 
6. Saraf Optik
Saraf yang memasuki sel tali dan  kerucut dalam retina untuk menuju otak.
7.Bintik Kuning
Bagian retina yang mengandung sel kerucut

Subscribe to receive free email updates: