Teknik Ketrampilan Variasi Stimulus dalam Proses Pembelajaran

Selama proses pembelajaran, kadang berbagai keadaan yang tidak diharapkan muncul dalam proses pembelajaran tersebut. Mungkin ada anak yang hilang konsentrasi sehingga kembali bermain sendiri, adapula rasa bosan dan jenuh terhadap proses pembelajaran, peserta didik kehilangan gairah belajar dan masih banyak lagi sikap anak didik dalam mengikuti proses pembelajaran. 

Situasi diatas tentu mau tidak mau guru harus segera mengatasinya, jika tidak proses pembelajaran akan kacau dan tujuan pembelajaran tidak lagi fokus. Mungkin keadaan ini dapat diatasi oleh guru dengan melakukan pengembangan proses pembelajaran yang bervariasi. Inilah yang disebut ketrampilan menstimulus. 

Tujuan dari ketrampilan variasi stimulus antara lain
a. Terciptanya proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Proses pembelajran akan menarik dan menyenangkan sekaligus juga menantang bagi siswa apabila dalam proses pembelajaran tersebut terdapat beberapa aktivitas kegiatan yang dikondisikan oleh guru. 
b. Menghilangkan kejenuhan dan kebosanan sebagai akibat kegiatan yang bersifat rutinitas
c. Meningkatkan perhatian dan motivasi siswa
d. Mengembanagkan rasa keingintahuan siswa
e. Menyesuaikan model pembelajaran dengan cara belajar siswa yang berbeda-beda. 
f. Meningktakan kadar aktivitas siswa
Unsur-unsur Variasi Stimulus
a. Variasi pada kegiatan tatap muka.Kegiatan tatap muka adalah kegiatan selama proses belajar yang didalamnya ada komunikasi langsung atau tatap muka antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa lain, siswa dengan sumber-sumber belajar. Proses belajar dengan tatap muka tentu memiliki kelebihan jika dalam kegiatan tersebut dilakuakan berbagai kegiatan yang bervariasi, misalnya
- Variasi Suara
- Memusatkan perhatian (fokus)
- Kebisuan guru (diam sejenak)
- Kontak pandang
- Gerak guru 
b. Variasi menggunakan media dan alat peraga. Media dan alat peraga adalag dua hal yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Papan tulis, merupakan alat pembelajaran. Jika guru menjelaskan bahan dasar, harga papan tulis maka papan tulis disini adalah media pembelajaran. 
c. Variasi pola komunikasi pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi maka perlu dikembangkan sebagai bentuk variasi alternatif yaitu
- Komunikasi satu arah
- Komunikasi dua arah
- Kemunikas banyak arah
Prinsip Pengembangan variasi stimulus
- Tujuan
- Fleksibel
- Kelancaran dan berkesinambungan
- Logis
- Pengelolaan yang matang

Subscribe to receive free email updates: