Cara dan Bentuk Ketrampilan Menjelaskan bagi Guru

Setiap kegitan pembelajaan tidak terlepas dari aspek menjelaskan. Apa makna menjelaskan itu: menjelaskan yaitu membuat sesuatu menjadi jelas, dapat dimengerti dan dipahami. Pembelajaran adalah proses komunikasi, salah satu upaya untuk menyampaikan pesan materi ajar kepada peserta didik adalah menjelaskan.  Karena aspek menjelaskan sering kali ada dalam proses kegitan pembelajaran, tentu kebanyakan guru sudah mahir terhadap ketrampilan tersebut. 

Menjelaskan adalah sebuah ketrampilan. Ketrampilan sudah pasti dapat dipelajari. Bagaiamana menjelaskan sesuatu materi khususnya kepada peserta didik yang efektif dan mudah dipahami? 

Mari kita kaji lebih dalam ketrampilan menjelaskan tersebut, dalam uraian di bawah ini!
Pada siswa tingkat madrasah ibtidaiyah khususnya kebanyakan siswa belum terbiasa belajar secara mandiri dan mampu mengaitkan materi dengan situasi yang ada. Hal ini lah yang menjadi pokok seorang guru mampu menjelaskan agar pemahaman siswa yang terbatas dapat dengan mudah memahami. 

Agar kemampuan menjelaskan seorang guru tercapai yaitu membuat sesuatu yang belum jelas menjadi jelas, maka ada dua hal yang perlu dilakukan. Kedua unsur ketrampilan menjelaskan yaitu, ketrampilan merencanakan penjelasan dan ketrampilan menyajikan penjelasan 

a. Ketrampilan merencanakan penjelasan
Ketrampilan menjelaskan sangat erat dengan ketrampilan berkomunikasi. Dalam momunikasi pembeljaran ada tiga komponen utama ang harus dipertimbangkan dalam merencanakan ketrampilan menjelaskan, yaitu berupa
- Pesan atau materi yang akan dijelaskan. Dalam merencanakan pesan atau maeri yang akan dijelaskan, harus memenuhi validasi isi artinya telah teruji kebenarannya. Kemudian kelayakan isi, terutama dilihat dari tinggkat kesulitan dan pemahaman siswa. Berikutnya adalah menganalisis masalah yang terdapat dalam materi yang akan dijelaskan. Menetapkan jenis hubungan antara unsur-unsur yang berkaitan, seperti perbedaaan, pertentangan, atau kaitan materi terhadap materi lain. 
- Merencanakan saluran, alat/media yang akan digunakan untuk menjelaskan. Jika dalam menjelaskan menggunakan saluran verbal atau lisan maka perlu diperhatikan, kejelasan, semantik, artikulasi serta mimik. 
- Menganalisis karakteristik siswa. Pada umumnya siswa sebagai penerima pesan dapat digologkan kedalam beberapa tipe sebagai berikut
1. Tipe visual, dengan unsur dominan adalah penglihatan.
2. Tipe auditif yaitu unsur yang penting adalah pendengarannya
3. Tipe audio visual, yaitu merupakan gabungan antara penglihatan dan pendengaran
4. Tipe kinestetik, yaitu siswa yang dominan dengan gerakan. 

b. Ketrampilan melaksanakan penjelasan
Jelas dan tidaknya pesan yang disampaikan ke peserta didik tergantung dari kejelasan dari penyampai pesan. Adapun unsur-unsur yang memperjelas penyampaian pesan antara  lain;
Kefasihan berbicara, artinya guru dalam menjelaskan harus benar-benar jelas kata dan kalimatnya. Jika berkata A maka, mulut lebar, artinya saat menjelaskan tiap huruf , tiap kata, dan kalimat harus benar-benar jelas.
Penggunaan bahasa yang baik dan benar, saat menjelaskan pergunakanlah bahasa yang baik runtut dalam susunan katanya. 
Susunan kalimat, yaitu pergunakanlah istilah yang siswa sanggup mencerna artinya atau juga dapat dijelsakan dengan bahasa daerah yang siswa ketahui. 

Disamping unsur diatas saat menjelaskan diusahakan dengan pembicaraan yang lancar tidak tersendat-sendat. 

Demikian ulasan tentang ketrampilan menjelaskan bagi guru, yang sangat diperlukan dalam melaksanakan bimbingan dan pengajaran kepada siswa

Subscribe to receive free email updates: