Apa yang dilakukan Guru saat Kegiatan Penutup Pelajaran

Kegiatan penutup pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pembelajaran. Kegiatan penutup berarti kegiatan mengakhairi pembelajaran. Kegiatan penutup dapat berarti kegiatan akhir pembelajaran pada alokasi waktu tertentu. Atau juga pada akhir materi pembelajaran yang telah dipelajari.

Di dalam proses kegiatan penutup pembelajran terdapat proses membuat atau merumuskan hal-hal yang dianggap menjadi inti disetiap materi pembelajaran yang telah dipelajari siswa.

Unsur-unsur kegiatan penutup pelajaran

Kegitan penutup memiliki makna yang mendalam yaitu untuk memberikan gambaran utuh tentang proses yang sangat mendalam yaitu untuk memberikan gambaran utuh tentang proses tentang hasil yang dicapai, mungkin kelebihan dan kekurangan,renacana kedepan dan sebagainya. Oleh karena itu dalam menutup pembelajaran, agar memperoleh gambaran menyeluruh tentang suatu tujuan dan sasaran dari kegitan menutup pembelajaran, maka terdapat beberapa unsur,strategi, atau bahkan dapat menjadi prinsip, seperti berikut:

1. Merangkum, diantara kegitan yang dapat dilakukan dalam menutup pembelajaran salah satunya adalah merangkum. Merangkum pokok-pokok materi yang telah dipelajar siswa. Melalui kegiatan merangkum siswa diharapkan memiliki pemahaman yang utuh baik berkenan dengan konsep,prinsip , teori, maupun gagasan utama dari materi yang telah dipelajari siswa.

2. Mengajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan kepada siswa dimana pertanyaan terebut dapat mendorong sisiwa untuk berfikir dengan cara mengungkapkan kembali pemahamannya terhadap materi yang telah dipelajari. Dari pertanyaan yang diajukan oleh guru, dapat diketahui mana saja materi yang sudah dikuasai, atau materi yang belum dikuasai.

3. Memberikan kesempatan siswa bertanya
Maksud memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami, atau perlu kejelasan lebih lanjut dari guru. Guru dapat melempar jawaban kepada siswa lain untuk menjawab.

4. Menyimpulkan 
Memberi kesimpulan yang menggambarkan pokok isi materi pembelajaran yang telah dipelajari. Membuat kesimpulan tidak hanya dilakukan oleh guru, akan tetapi oleh siswa sendiri. Kesimpulan tidak sama dengan merangkum. Jika merangkum mungkin hanya sekedar mengulang kembali kata atau kalimat sesuai pokok-pokok materi. Adapaun kesimpulan berisi hal-hal yang bersifat pokok tersebut dirumuskan dengan cara bahasa sendiri, bahkan dapat berupa gambar atau konsep diagram.

5. Memberi tugas
Menutup pembelajaran guru memberikan tugas kepada siswa yang ada kaitannya dengan materi yang telah dipelajari. Tugas yang diberikan tidak lepas dari proses pembelajran yang telah dilakukan sebelumnya.

6. Refleksi
Guru mengajak siswa dengan cara yang jujur, terbuka, dan bertanggungjawab untuk merenungkan kembali terhadap aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Mengecek kembali sejauh mana materi telah dikuasai, dan materi mana yang masih samar-samar atau sama sekali belum diahami.

7. Memberikan tes. 
Memberikan tes evaluasi mungkin adalah hal yang biasa dilakukan oleh guru dalam kegitan penutup pembelajaran. Memberikan tes tidak harus tertulis, lisanpun kadang lebih mengena terhadap pemahaman siswa. Dengan tes diharapkan siswaa akan terguguah kembali ingatannya terhadap materi yang telah dipelajari.

Keenam kegitan penutup diatas merupakan alternatif bagi guru untuk mengakhiri atau menutup pembelajaran. Tentu tidak harus melakukan keenam hal tersebut sekaligus. Perlu melihat materi dan aspek serta tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Guru dapat mencoba membuat kegitan penutup selain keenam hal tersebut.

Dari kegiatan yang dilakukan dalam menutup pembelajaran, selain dapat berfungsi untuk mengecek pemahaman siswa , juga dapat dijadikan sarana umpan balik (feed back) bagi guru untuk mengetahui tingkat keberhasilannya dalam membimbing siswa . Informasi yang didapat dari umpan balik dapat bermanfaat bagi guru untuk merancang  dan melakukan perbaikan terhadap kekurangan kekurangan, sehingga pembelajaran dari waktu ke waktu akan semakin meningkat dan berkualitas.

Demikian beberapa kegitan yang dapat dilakukan guru saat menutup pelajaran. Sampai jumpa...

Subscribe to receive free email updates: