Pengertian dan Teknik Penilaian Sikap

Seorang guru dalam rangka mengetahui perkembangan peserta didik perlu melakukan penilaian. Dalam pendidikan kita mengenal beberapa macam penilaian. Antara lain, Penilaian Sikap yang akan kami uraikan tentang pengertian dan teknik penilaian Sikap. 

Pengertian Penilaian Sikap

Penilaian sikap merupakan penilaian guru atau penilai terhadap kecenderungan seorang siswa dalam merespon sesuatu objek. Sikap juga merupakan ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjjdai prilaku atau tindakan yang diinginkan.

Sikap terdiri dari tiga komponen yakni : afektif, kognitif, dan konatif. Komponen afektif adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang atau penilai terhadap suatu objek. KOmponen kognitif adalah kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai objek. Adapaun komponen konatif adalah kecenderungan untuk berprilaku atau berbuat dengan cara-cara tertentu berkenan dengan kehadiran objek sikap. 

Secara umum, objek sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran berbagai mata pelajaran adalah sebagai berikut. 
. Sikap terhadap mata pelajaran dan atau materi pelajaran
Peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran dan atau materi pelajaran. Dengan sikap positif dalam diri peserta didik akan tumbuh dan berkembang minat belajar. Akan lebih mudah diberi motivasi, dan akan lebih mudah menyerap dan mengembangkan materi pelajaran yang diajarkan. 
. sikap terhadap pendidik
Peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap pendidik. Pesera didik yang tidak memiliki sikap positif terhadap pendidik akan cenderung mengabaikan hal-hal yang diajarkan. Dengan demikian, peserta didik yang memiliki sikap negatif terhadap pendidik akan sukar menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh pendidik tersebut. 
. Sikap terhadap proses pembelajaran. 
Peserta didik juga perlu memiliki sikap positif terhadap proses pembelajaran yang strategis, metodologi, dan teknik pembelajaran yang digunakan. Proses pembelajaran yang aktif, inofatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. 
. Sikap berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran. Misalnya kasus atau masalah lingkungan hidup, berkaitan dengan mata pelajaran IPA atau IPS. Pesera didik juga perlu memiliki sikap yang tepat, yang dilandaskan oleh nilai-nilai positif terhadap kasus lingkungan tertentu. 
. Sikap berhubungan dengan kompetensi afektif lintas kurikulum yang relevan dengan mata pelajaran
Misanya peserta didik perlu memiliki sikap seperti , anti narkoba, korupsi, kekerasan dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik Penilaian Sikap 

Penilaian sikap dapat dilakukan dengan berbagai cara atau teknik. Teknik-teknik tersebut antara lain; Observasi prilaku, pertanyaan langsung, dan laporan pribadi.

Baca juga Teknik Penilaian Unjuk Kerja yang kami posting pada halaman madrasahmedia

Subscribe to receive free email updates: