Pengertian dan Macam Penilaian Hasil Belajar

Pengertan Penilaian Hasil Belajar

Berhasil dan tidaknya kegiatan belajar dapat diketahui dengan penilaian. Penilaian merupakan proses untuk mendapatkan informasi tentang perkemban prestasi, dan hasil belajar peserta didik. Penilaian dilakuakan dengan cara sistematis dan berkesinambungan. Dalam penilaian memerlukan data sebagai dasar mengambil kesimpulan, bahwa anak A pandai atau tidak. 

Data sebagai sumber penilaian harus berasal dari data yang valid. Sumber data untuk mendapatkan kesimpulan akan penilaian dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi atau hasil belajar yang akan dinilai. Dari proses in, diperoleh potret atau profil kemampuan peserta didik dalam mencapai sejumlah standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum. 

Penilaian kelas dilakuakan melalui langkah-langkah
- Perencanaan
- penyusunan alat penilaian
- evaluasi sebagai alat mengambil informasi
- pengolahan

Macam Penilaian Hasil Belajar

Penilaian kelas dilaksanakan melalui berbagai cara, yaitu
- Penilaian unjuk kerja
- penilaian sikap
- penilaian tertulis
- penilaian proyek
- penilaian produk
- penilaian portofolio
- penilaian diri. 

Sebagai guru tentung harus melaksanakan proses penilaian kelas. Penilaian kelas merupakan alat yang dijadikan guru untuk membuat perencanaan pembelajaran selanjutnya. Tanpa penilaian yang benar dan dijalankan dengan baik, guru akan kesulitan membuat perencanaan untuk kemajuan pendidikan di madrasahnya. 

Ada hal yang kiranya perlu di perhaitkan bahwa, penilaian hasil belajar seorang peserta didik tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan peserta didik lainnya, melainkan dengan hasil yang dimiliki peserta didik tersebut sebelumnya. 

Subscribe to receive free email updates: